Ahad 31 Jul 2022 17:16 WIB

Semester I, Aset Astra Life Naik 11 Persen, Kucurkan Klaim Nasabah Hingga Rp 314 Miliar

Astra Life klaim catat pertumbuhan positif total tertanggung pada Semester I 2022

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Astra Life. PT Asuransi Jiwa Astra atau Astra Life mencatatkan pertumbuhan positif total tertanggung pada semester I 2022. Hingga Juni, total tertanggung Astra Life mencapai 3,72 juta jiwa, naik dari 3,3 juta jiwa di periode yang sama tahun lalu.
Foto: Astra Life
Astra Life. PT Asuransi Jiwa Astra atau Astra Life mencatatkan pertumbuhan positif total tertanggung pada semester I 2022. Hingga Juni, total tertanggung Astra Life mencapai 3,72 juta jiwa, naik dari 3,3 juta jiwa di periode yang sama tahun lalu.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- PT Asuransi Jiwa Astra atau Astra Life mencatatkan pertumbuhan positif total tertanggung pada semester pertama 2022. Hingga Juni, total tertanggung Astra Life mencapai 3,72 juta jiwa, naik dari 3,3 juta jiwa di periode yang sama tahun lalu. 

"Proyeksi kondisi ekonomi Indonesia yang lebih resilien dibandingkan tahun sebelumnya mendorong daya beli masyarakat untuk memiliki produk perlindungan jiwa maupun kesehatan," kata Presiden Direktur Astra Life Windawati Tjahjadi dalam keterangannya dikutip pada Ahad (31/7).

Pertumbuhan positif Astra Life pada paruh pertama tahun ini juga ditunjukkan oleh beberapa indikator kunci lainnya seperti nilai Gross Written Premium (GWP) yang tetap menunjukkan pertumbuhan positif sebesar 3 persen di tengah kondisi makro ekonomi yang masih cenderung fluktuatif. 

Total aset pun turut bertumbuh 11 persen dari Rp 6,6 triliun menjadi Rp 7,4 triliun jika dibandingkan semester yang sama di tahun sebelumnya. Astra Life juga telah memenuhi kewajibannya kepada nasabah melalui pembayaran klaim sebesar Rp 314 miliar. 

Sementara tingkat solvabilitas atau Risk Based Capital (RBC) di angka 306 persen. Angka ini berada jauh di atas ketentuan minimum Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yaitu sebesar 120 persen.

Sepanjang semester I 2022, Astra Life telah meluncurkan berbagai produk, seperti AVA iLife Protection yang merupakan asuransi jiwa murni dengan fleksibilitas uang pertanggungan hingga Rp 5 miliar. Untuk perlindungan finansial terhadap nasabah pinjaman atau kredit multiguna dari risiko tutupusia, Astra Life meluncurkan AVA CreditPlus Protection bagi debitur di PermataBank melalui PermataHome Ready Cash. 

Sementara untuk produk asuransi kesehatan, Astra Life menghadirkan Flexi Hospital & Surgical dengan fitur serba digital, cashless, dan nilai premi terjangkau serta manfaat layanan kamar dan akomodasi rumah sakit hingga Rp 2 juta per hari. 

Tidak hanya itu, Astra Life melalui unit bisnis Syariah juga bekerja sama dengan PermataBank untuk meluncurkan produk perlindungan yang dikelola sesuai prinsip-prinsip Syariah, seperti AVA iFamily Protection Syariah untuk perlindungan jiwa, dan AVA iGriya Proteksi Syariah untuk asuransi jiwa pembiayaan kumpulan Syariah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement