Thursday, 3 Rabiul Awwal 1444 / 29 September 2022

Thursday, 3 Rabiul Awwal 1444 / 29 September 2022

 

3 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Awal Positif Liverpool Arungi Liga Primer Inggris

Senin 01 Aug 2022 09:33 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto

Para pemain Liverpool merayakan kemenangan setelah memenangkan pertandingan Community Shield antara Liverpool dan Manchester City di King Power Stadium di Leicester, Inggris, Sabtu, 30 Juli 2022.

Para pemain Liverpool merayakan kemenangan setelah memenangkan pertandingan Community Shield antara Liverpool dan Manchester City di King Power Stadium di Leicester, Inggris, Sabtu, 30 Juli 2022.

Foto: AP/Frank Augstein
Liverpool dan Man City masih menjadi kandidat kuat peraih trofi liga.

REPUBLIKA.CO.ID, LEICESTER -- Juergen Klopp patut sedikit lega dengan persiapan Liverpool menyambut kompetisi musim 2022/2023. The Reds mampu mengalahkan juara bertahan Liga Primer Inggris, Manchester City, dengan skor 3-1 dalam ajang Community Shield di King Power Stadium, Sabtu (30/7/2022).

 

Trent Alexander-Arnold membuat Liverpool unggul lebih dulu. Namun Man City menyamakan kedudukan lewat Julian Alvarez di pertengahan babak kedua. Mohamed Salah kemudian membuat klub asal Merseyside itu kembali unggul melalui titik putih pada menit 83. Striker anyar Liverpool, Darwin Nunez, membuat Man City tak bisa berkutik lagi dengan golnya pada menit 94.

Baca Juga

Ini menjadi awal yang positif bagi the Reds menyambut musim baru. Sebelum pertandingan ini, Klopp mengatakan kalau timnya masih kurang persiapan. Bahkan skuad asuhan Klopp akan menjalani laga persahabatan lagi sehari setelah laga Community Shield.

''Hasil ini sangat bagus. Jelas ini akan semakin baik seiring waktu. Kita hidup di dunia di mana semua orang menilai pada pandangan pertama dan itu tidak membantu sama sekali, tapi itu terjadi secara konsisten,'' kata Klopp dikutip dari Skysports, Ahad (31/7/2022).

Klopp mengakui kalau selama tur pramusim, para pemainnya bahkan belum mendekati level kebugaran yang diperlukan untuk bisa kompetitif. Selain itu, ia juga senang melihat pemainnya mengikuti instruksi untuk memberikan bola kepada Darwin Nunez yang berada di kotak penalti. Meski tidak mencetak gol sekalipun, Klopp mengatakan Nunez tetap tampil baik dengan sejumlah peluang yang dimilikinya.

''Kalian bisa lihat wajahnya, kalian bisa lihat di wajah semua rekan setimnya, bagaimana mereka bahagia. Itu sinyal yang bagus setelah periode singkat dia bersama kami,'' ujar Klopp.

Salah satu pendatang baru yang diharapkan bisa bersinar adalah Erling Haaland. Namun, Haaland tidak bisa menyumbang gol untuk Manchester City.

Pelatih Man City, Pep Guardiola, tidak kecewa dengan performa mantan striker Borussia Dortmund tersebut. Menurutnya, Haaland telah berjuang keras dan terus bergerak. Pertandingan ini juga menjadi penting bagi pemain tim nasional Norwegia tersebut untuk melihat kenyataan di negara dan liga yang baru.

''Dia ada di sana. Tapi hari ini dia tidak mencetak gol dan di lain waktu dia akan mencetak gol. Dia punya kualitas yang sangat luar biasa dan dia akan melakukannya,'' ucap Klopp.

Apalagi, Haaland baru dua setengah pekan bergabung dengan skuad Man City. Meski demikian, Guardiola sudah senang melihat mantan pemain RB Salzburg itu bergabung musim ini. Sehingga, perkara Haaland tidak mencetak gol di King Power Stadium, pelatih asal Spanyol itu mengaku tidak khawatir. ''Kenyataannya adalah kami punya dua atau tiga bulan di depan mata. Dia akan membantu kami,'' jelas Guardiola.

Liverpool dan Manchester City diprediksi masih menjadi kandidat kuat peraih trofi Liga Primer Inggris. Skuad Man City tidak banyak berubah meski ditinggal Raheem Sterling dan Oleksandr Zinchenko. Guardiola juga hanya mendatangkan Haaland dan Alvarez untuk musim depan sehingga tak akan ada banyak perubahan dalam gaya permainan.

Di sisi lain, Liverpool juga tidak banyak belanja pemain dan baru merekrut Darwin Nunez sebagai pengganti Sadio Mane yang pindah ke Bayern Muenchen. Sama seperti Guardiola, Klopp tidak membutuhkan persiapan khusus untuk langsung tancap gas di Liga Inggris yang dimulai kurang dari dua pekan lagi.

Berbeda dengan the Citizens dan the Reds, Chelsea, Manchester United, Arsenal, maupun Tottenham Hotspur, belum terlihat meyakinkan untuk bersaing meraih gelar. Chelsea sampai saat ini masih kesulitan mendatangkan sejumlah pemain incaran.

Sejauh ini the Blues baru mendatangkan Sterling dan Kalidou Koulibaly. Namun itu tidak menghilangkan kenyataan kalau Chelsea melepas Antonio Rudiger, Andreas Christensen, dan Romelu Lukaku. Bahkan skuad asuhan Thomas Tuchel itu terancam kehilangan Marcos Alonso dan Cesar Azpilicueta.

Sama seperti Chelsea, Man United juga masih belum terlihat meyakinkan di bursa transfer. Usai melepas sejumlah pemain senior, Erik ten Hag baru mendapatkan tiga pemain, yaitu Tyrell Malacia, Christian Eriksen, dan Lisandro Martinez. Pemain yang paling diinginkan Ten Hag, Frenkie de Jong, tidak mau bergabung ke the Red Devils karena telah mencapai kesepakatan dengan Barcelona. Man United juga pusing menahan Cristiano Ronaldo untuk tidak hengkang musim panas ini.

Tim papan atas yang paling agresif di bursa transfer kali ini adalah Tottenham. Skuad asuhan Antonio Conte itu telah merekrut lima pemain, Richarlison, Yves Bissouma, Djed Spence, Clement Lenglet, dan Ivan Perisic. Namun masih belum terlihat bagaimana Conte akan meracik timnya musim ini.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile