Senin 01 Aug 2022 19:18 WIB

Tren Melandai, OJK Kaji Keberlanjutan Restrukturisasi Kredit

Hingga Juni 2022, total outstanding restrukturisasi kredit mencapai Rp 576,17 triliun

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Nidia Zuraya
Relaksasi kredit
Foto: Republika
Relaksasi kredit

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat tren restrukturisasi kredit Covid-19 terus melandai. Hingga Juni 2022, total outstanding restrukturisasi kredit tercatat sebesar Rp 576,17 triliun, turun dari posisi Mei 2020 yang mencapai Rp 596,17 triliun.

Jumlah debitur restrukturisasi Covid-19 juga menurun dari 3,13 juta debitur pada Mei 2022 menjadi 2,99 juta debitur pada Juni 2022. Sementara itu, Posisi Devisa Neto (PDN) Juni 2022 tercatat sebesar 1,93 persen atau berada jauh di bawah threshold sebesar 20 persen.

Baca Juga

"Kredit restrukturisasi dari jumlah nilai maupun debitur terus menurun signifikan, begitu juga dengan non performing loan (NPL) dari kredit yang direstrukturisasi," kata Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar, Senin (1/8). 

Mahendra mengatakan, OJK masih terus mendalami kajian terkait keberlanjutan rekstrukturisasi kredit ke depannya. Ia mengakui beberapa sektor masih berada dalam kondisi yang sulit seperti akomodasi serta makanan dan minuman.

Meski demikian, lanjut Mahendra, proporsi sektor yang masih memerlukan restrukturisasi kredit tersebut sangat kecil yakni di bawah 20 persen. Ini dianggap suatu ambang untuk menentukan keberlanjutan restrukturisasi kredit. 

Adapun beberapa sektor yang mengalami penurunan tajam restrukturisasi kredit yaitu perdagangan, manufaktur, konstruktusi transportasi, komunikasi dan pertanian. "Pada saat ini kami terus mengupdate perkembangan setiap sektor yang masih memerlukan restrukturisasi," terang Mahendra.

Namun selain selain pandemi, menurut Mahendra, risiko dampak stagflasi global juga menjadi pertimbangan dalam menentukan keberlanjutan resturkturisasi kredit. Menurut Mahendra, restrukturisasi juga bisa dijadikan sebagai upaya memitigasi dampak stagflasi global.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ وَتَرَى الشَّمْسَ اِذَا طَلَعَتْ تَّزَاوَرُ عَنْ كَهْفِهِمْ ذَاتَ الْيَمِيْنِ وَاِذَا غَرَبَتْ تَّقْرِضُهُمْ ذَاتَ الشِّمَالِ وَهُمْ فِيْ فَجْوَةٍ مِّنْهُۗ ذٰلِكَ مِنْ اٰيٰتِ اللّٰهِ ۗمَنْ يَّهْدِ اللّٰهُ فَهُوَ الْمُهْتَدِ وَمَنْ يُّضْلِلْ فَلَنْ تَجِدَ لَهٗ وَلِيًّا مُّرْشِدًا ࣖ
Dan engkau akan melihat matahari ketika terbit, condong dari gua mereka ke sebelah kanan, dan apabila matahari itu terbenam, menjauhi mereka ke sebelah kiri sedang mereka berada dalam tempat yang luas di dalam (gua) itu. Itulah sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Allah. Barangsiapa diberi petunjuk oleh Allah, maka dialah yang mendapat petunjuk; dan barangsiapa disesatkan-Nya, maka engkau tidak akan mendapatkan seorang penolong yang dapat memberi petunjuk kepadanya.

(QS. Al-Kahf ayat 17)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement