Senin 01 Aug 2022 19:40 WIB

Perusahaan Aceh Ekspor CPO ke India

Kapal asal India melakukan pengisian CPO sebanyak 6.400 ton.

Red: Friska Yolandha
PT Calang Sejati Indah (CSI) kembali mengekspor Crude Palm Oil (CPO) melalui pelabuhan Calang Aceh Jaya tujuan India.
Foto: ANTARA/Aswaddy Hamid
PT Calang Sejati Indah (CSI) kembali mengekspor Crude Palm Oil (CPO) melalui pelabuhan Calang Aceh Jaya tujuan India.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- PT Calang Sejati Indah (CSI) kembali mengekspor Crude Palm Oil (CPO) melalui pelabuhan Calang Aceh Jaya tujuan India. Ekspor ini sempat tertunda hampir dua tahun menyusul terbatasnya komoditas saat itu.

Pejabat pembuat komitmen Pelabuhan Calang Aceh Jaya, Azwana Amru Harahap, pada Senin (1/8/2022) mengatakan pihaknya terus melakukan pembenahan pelabuhan tersebut guna memaksimalkan kegiatan ekonomi di daerah setempat seperti kegiatan ekspor. Ia menyebutkan kapal MT Chem Peace masuk pada hari Rabu dan melakukan pengisian CPO dari PT CSI memuat 6.400 ton CPO dengan negara tujuan ekspor India. Kapal tersebut berasal dari Kakinada Port India.

Baca Juga

Azwana mengatakan dalam pengisian CPO di Pelabuhan Calang tidak mengalami kendala. Kapal tujuan India tersebut telah berangkat pada Jumat dari Pelabuhan Calang, Aceh Jaya.

Menurut dia yang menjadi perhatian dalam aktivitas di pelabuhan itu adalah cuaca buruk yang dapat mengakibatkan tingginya gelombang sehingga dapat terganggunya muatan CPO ke kapal tidak bisa berjalan maksimal.

Ia juga menambahkan kapal tersebut akan datang kembali pada tanggal (9/8/2022) untuk melakukan kegiatan ekspor CPO selanjutnya yang tujuannya sama ke India. "Untuk tahap selanjutnya menurut informasi dari capten kapal tersebut akan masuk lagi dari India," Katanya.

Ia mengatakan pihaknya terus berupaya memberikan pelayanan terbaik dalam setiap aktivitas di Pelabuhan Calang termasuk melengkapi sarana prasarana pendukung lainnya guna memaksimalkan kegiatan. "Kami berharap semua kegiatan melalui Pelabuhan Calang dapat berjalan lancar sehingga akan banyak komoditi lainnya yang dapat dibawa lewat pelabuhan tersebut dan Aceh Jaya akan terus maju dan berkembang dalam bidang ekspor melalui transportasi laut khususnya," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement