Saturday, 9 Jumadil Awwal 1444 / 03 December 2022

Saturday, 9 Jumadil Awwal 1444 / 03 December 2022

9 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Mudah Dibuat, Teh Rempah Ini Bantu Turunkan Kadar Gula Darah

Selasa 02 Aug 2022 17:30 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda

Teh kayu manis. Khasiat teh rempah, yakni teh kayu manis, dibuktikan dalam penelitian yang digagas akademisi dari Inggris dan Portugal.

Teh kayu manis. Khasiat teh rempah, yakni teh kayu manis, dibuktikan dalam penelitian yang digagas akademisi dari Inggris dan Portugal.

Foto: tumblr.com
Pengidap diabetes perlu menjaga kadar gula darahnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengidap diabetes, baik tipe 1 maupun tipe 2, perlu mencermati makanan dan minuman yang rutin dikonsumsi. Pasalnya, kedua bentuk diabetes tersebut menyebabkan tingkat glukosa dalam darah menjadi terlalu tinggi, yang dapat mengubah cara seseorang menjalani hidup.  

 

Baca Juga

Kabar baiknya, ada satu minuman yang bisa mengurangi kemungkinan seseorang terkena diabetes dengan cara menurunkan kadar gula darah. Khasiat itu dibuktikan dalam sebuah penelitian yang digagas oleh akademisi dari Lancashire, Inggris dan Portugal pada 2015.

Studi tersebut mengungkap manfaat dari minum teh rempah, yakni teh kayu manis yang mudah dibuat sendiri di rumah. Hasil studi telah diterbitkan oleh Journal of Diabetes Research, membeberkan data bahwa teh kayu manis secara signifikan menurunkan tingkat glukosa maksimum postprandial (kadar gula darah hingga empat jam setelah makan) pada orang dewasa yang tidak mengidap diabetes.

"Salah satu mekanisme yang mungkin diusulkan untuk menjelaskan efek teh kayu manis pada gula darah mungkin terkait dengan aksi insulin melalui peningkatan protein reseptor-beta insulin yang bekerja secara menguntungkan dalam persinyalan insulin," tulis para peneliti.

Akan tetapi, studi lebih lanjut tetap perlu dilakukan untuk menyelidiki mekanisme tersebut. Sebagai bagian dari penelitian, tim melibatkan 30 orang dewasa yang tidak mengidap diabetes dan membagi mereka secara acak menjadi dua kelompok.

Kadar gula darah mereka diukur setelah puasa kemudian satu kelompok diminta minum teh kayu manis. Untuk membuat teh tersebut, digunakan 60 gram kayu manis yang direndam dalam satu liter air selama 24 jam. Air larutan tersebut kemudian dipanaskan sebelum dikonsumsi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile