Rabu 03 Aug 2022 17:30 WIB

IBF 2022, Momentum Tumbuhkan Optimisme dalam Khazanah Pembukuan Islam

IBF 2022 kembali diselenggarkan tahun ini sempat tertunda tahun lalu.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Agung Sasongko
Islamic Book Fair (ilustrasi).
Foto: Republika/thoudy Badai
Islamic Book Fair (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pameran buku Islamic Book Fair (IBF) kembali diselenggarakan tahun ini setelah sempat tertunda tahun lalu karena Covid-19. Acara tersebut digelar di Jakarta Convention Center (JCC) pada 3-7 Agustus 2022.

Ketua Panitia IBF Mahmud Anis mengatakan IBF kali ini menyediakan 128 stan. Para peserta penerbit yang berpartisipasi menyajikan buku kurang lebih 10 ribu judul dengan jumlah eksemplar sekitar satu juta. "Peserta pada tahun ini sebanyak 128. Jumlah itu bukan karena peminatnya tidak ada, tetapi semata-mata kami menjaga prosedur kesehatan (prokes). Meskipun nanti pengunjung padat, Insya Allah tidak sampai berdesak-desakan karena areanya terbuka lebar," kata Mahmud Anis di JCC, Rabu (3/8/2022).

Baca Juga

Mahmud mengatakan tema IBF kali ini adalah literasi Islam menumbuhkan optimisme bangsa. Tema tersebut ditetapkan agar dapat memberi semangat kepada masyarakat untuk menerbitkan buku. Sebab, sejatinya, buku masih tetap dan selalu dibutuhkan.

Dia mensyukuri IBF dapat diadakan pada tahun ini setelah pada tahun 2021 sempat tidak diadakan karena kasus Covid-19 yang meningkat. "Alhamdulillah pada tahun 2022 IBF bisa diselenggarakan. Semoga dengan diadakan penyelenggaraan pameran buku IBF ini memberi semangat optimisime kita semua, Insya Allah dunia buku penerbitan, khususnya buku-buku Islam dapat kembali hidup, amiin," ujarnya.

Mahmud menjelaskan keberlangsungan IBF tentu hasil kolaborasi dan dukungan dari berbagai pihak. Dia berterima kasih kepada Allah, pihak manejemen JCC yang memberikan banyak kemudahan, keringanan, dan berbagai fasilitas, khususnya fasilitas sholat. Selain itu, dia juga berterima kasih kepada pihak-pihak lain, seperti Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria, Direktur Utama Bank Syariah Indonesia, Kepolisian Metro Jaya, Polres Jakarta Pusat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement