Kamis 04 Aug 2022 00:20 WIB

Tanda Kolesterol Tinggi Terasa di Lengan Saat Menulis, Mengetik, atau Merajut

Kolesterol tinggi dapat mengurangi aliran darah ke lengan dan kaki.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Mengetik (ilustrasi). Rasa sakit yang timbul di lengan saat mengetik bisa jadi pertanda kolesterol tinggi.
Foto: www.freepik.com.
Mengetik (ilustrasi). Rasa sakit yang timbul di lengan saat mengetik bisa jadi pertanda kolesterol tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kolesterol tinggi dapat menyebabkan penumpukan yang mengurangi aliran darah ke lengan dan kaki. Proses ini, secara resmi dikenal sebagai penyakit arteri perifer (PAD) dan kondisinya dapat menghasilkan tanda-tanda peringatan akut.

"Salah satu tandanya adalah rasa sakit saat menggunakan lengan," ujar Mayo Clinic, seperti dilansir laman Express, Rabu (3/8/2022).

Baca Juga

Hal ini bisa berupa sakit dan kram saat merajut, mengetik, menulis, atau melakukan tugas manual lainnya. Nyeri atau kram otot ini, yang biasanya dimulai saat berolahraga dan berakhir dengan istirahat, disebut klaudikasio.

Bagaimana mengurangi risiko Anda?

Kolesterol tinggi berarti Anda memiliki terlalu banyak kolesterol, zat lilin yang diproduksi di dalam hati, dalam darah Anda. Kolesterol melakukan sejumlah peran penting dalam tubuh, seperti membangun struktur membran sel.

Di sisi lain, Anda perlu menjaga keseimbangan kolesterol dalam tubuh.

Mengingat risiko yang terkait, sangat penting untuk mengurangi kadar kolesterol tinggi.

Pertama dan terpenting, Anda harus menjalani tes kolesterol tinggi. Kolesterol tinggi tidak menimbulkan gejala. Anda hanya dapat mengetahui apakah Anda memilikinya dari tes darah.

"Dokter Anda mungkin menyarankan untuk melakukan tes jika mereka mengira kadar kolesterol Anda bisa tinggi," kata National Health Services (NHS) di Inggris.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement