Kamis 04 Aug 2022 14:25 WIB

Pemda Karawang Serahkan 1.000 Alquran Wakaf BWA kepada Warga Cilamaya

BWA sedang berupaya menghimpun 115 ribu Alquran wakaf untuk Jabar.  

Red: Irwan Kelana
BWA menyalurkan  1.000 Alquran wakaf kepada sejumlah pondok pesantren, Kelompok Pengajian Malam Kamisan Pesantren Asshiddiqiyah 3, masjid serta mushala di sekitar Cilamaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Rabu (3/8/2022).
Foto: Dok BWA
BWA menyalurkan 1.000 Alquran wakaf kepada sejumlah pondok pesantren, Kelompok Pengajian Malam Kamisan Pesantren Asshiddiqiyah 3, masjid serta mushala di sekitar Cilamaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Rabu (3/8/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Badan Wakaf Alquran  (BWA) mengantarkan amanah para wakif berupa 1.000 Alquran wakaf kepada sejumlah pondok pesantren, Kelompok Pengajian Malam Kamisan Pesantren Asshiddiqiyah 3, masjid serta mushala di sekitar Cilamaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Penyerahan Alquran wakaf tersebut dilakukan oleh BWA bekerja sama dengan Pemda Karawang diwakili oleh Sekda Karawang, Drs  H Acep Jamhuri MSi;  Ketua Rabithah Alawiyah Kabupaten Karawang, H Habib Soleh Alhabsyie;  dan KH  Hasan Nuri Hidayatullah selaku pengasuh Pondok Pesantren Asshidiqiyah Cilamaya, Kabupaten Karawang yang juga merupakan katib syuriyah PBNU.

Kegiatan penyerahan Alquran wakaf ini dilakukan di tengah Pengajian Malam Kamisan Asshidiqiyah, di bawah pimpinan Gus Hasan. , beliau mengatakan,”Alhamdulillah malam ini kita menerima tamu dari Badan Wakaf Alquran yang membawa hadiah dari para wakif berupa 1.000 Alquran wakaf. Insya Allah ini menjadi pahala dan kebaikan bagi kita semua,” kata Gus Hasan seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Kamis (4/8/2022).

Tentunya sejumlah 1.000 Alquran wakaf tidaklah mencukupi untuk Kabupaten Karawang.   “Semoga Alquan wakaf dari BWA ini berlanjut untuk daerah Kabupaten Karawang terutama untuk daerah daerah pelosok Karawang,”  kata Sekda Kab. Karawang, Drs  H Acep Jamhuri MSi.

Merespons hal tersebut,   Direktur BWA, Babeh Hazairin Hasan mengatakan, BWA sedang berupaya menghimpun 115 ribu Alquran wakaf untuk Jawa Barat.  “Tentunya sebagian dari jumlah ini akan didistribusikan juga ke Karawang, mengingat Karawang merupakan kabupaten yang memiliki jumlah pondok pesantren, rumah tahfidz, majlis taklim yang banyak,” ujarnya.

Saat ini berdasarkan bank data pesantren yang terdapat di situs Kemenag, di Karawang terdapat sekitar 462 pondok pesantren. Adapun total santrinya berjumlah kurang lebih 38.252. Jumlah tersebut terbagi menjadi 13.559 santri mukim, dan 24.692 santri non-mukim.

photo
Penyerahan Alquran wakaf BWA dilakukan di tengah Pengajian Malam Kamisan Asshidiqiyah Cilamaya, Karawang, Rabu (3/8/2022).  (Foto: Dok BWA)

Ketua Rabithah Alawiyah Kabupaten Karawang, H  Habib Soleh Alhabsyie, sebagai inisiator acara ini mengemukakan,”Alhamdulillah BWA memberikan respons cepat akan adanya kebutuhan Alquran wakaf di Kabupaten Karawang.  Insya Allah kolaborasi kebaikan ini dapat berlanjut demi terbentuknya masyarakat Qur’ani di Karawang.”

Bebah Hazairin mrngucapkan terima kasih kepada seluruh wakif. “Terima kasih kepada para wakif BWA.  Semoga amalan ini menjadi amal jariyah kepada semua yang terlibat,” ujarnya.

Ia menambahkan, untuk mengetahui semua kegiatan kemanusiaan BWA, masyarakat bisa mengunjungi situs www.bwa.id dan www.wakafqur’an.org.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement