Kamis 04 Aug 2022 16:22 WIB

Makanan Cepat Saji yang Harus Dihindari Penderita Kolesterol Tinggi

Konsumsi makanan cepat saji mingguan dikaitkan dengan kadar kolesterol jahat.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Makanan cepat saji yangperlu dihindari bagi penderita kolesterol. (ilustrasi)
Foto: Greatist
Makanan cepat saji yangperlu dihindari bagi penderita kolesterol. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makanan cepat saji bisa menjadi penyelamat saat Anda membutuhkan makanan secepatnya. Sayangnya, literatur medis tidak mendukung praktik sering mengonsumsi makanan cepat saji dalam hal mengelola kolesterol.

Menurut hasil penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition, konsumsi makanan cepat saji mingguan dikaitkan dengan peningkatan kadar kolesterol jahat LDL dan trigliserida. Ahli diet, Lauren Manaker, mengatakan jika Anda adalah salah satu yang sering mengunjungi restoran cepat saji dan punya memiliki kolesterol tinggi, berikut adalah lima jenis makanan yang harus dihindari untuk membantu menjaga kesehatan jantung, seperti dilansir laman Eat This Not That, Kamis (4/8/2022):

Baca Juga

1. Triple big cheeseburger

Jenis makanan triple big cheeseburger biasanya terbuat dari daging sapi, saus keju, bacon. Burger jenis ini sarat dengan lebih dari beberapa bahan yang tinggi lemak jenuh, natrium, dan faktor nutrisi lainnya yang harus dibatasi oleh orang yang memiliki kolesterol tinggi. Satu burger ini akan mengisi tubuh Anda dengan 42 gram lemak jenuh, atau jenis lemak yang cenderung meningkatkan kadar kolesterol LDL.

2. Big breakfast

Menu sarapan atau big breakfast di restoran cepat saji ini tidak mengandung buah, sayuran, kacang-kacangan, atau biji-bijian. Hal tersebut berpotensi membuat Anda kehilangan vitamin, mineral, dan antioksidan penting yang dapat membantu menjaga status kesehatan jantung.

3. Roti panjang isi daging

Jika Anda memilih makanan cepat saji berupa roti panjang isi daging, bisa jadi Anda akan mendapat 22 gram lemak jenuh dan hampir 60 gram lemak total. Perpaduan antara krim dan daging berlemak tentu saja tidak cocok untuk kesehatan jantung.

4. Triple whopper

Makanan triple whopper dengan keju mengandung hampir 40 gram lemak jenuh, 2,8 gram lemak trans, dan lebih dari 2.200 miligram sodium. Roti lapis ini bukanlah pilihan yang menyehatkan jantung.

 

5. Chicken pot pie

Ketika fokus pada nutrisi, chicken pot pie yang ada di salah satu restoran saji disebut sebagai salah satu makanan terburuk bagi orang dengan kolesterol tinggi. Di antara mentega dan saus krim, hidangan ini dikenal sebagai sumber utama lemak jenuh. Tepatnya 25 gram lemak jenuh per porsi. Satu pie juga mengandung lebih dari 40 gram lemak total dan 1.750 miligram natrium.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement