Kamis 04 Aug 2022 21:22 WIB

Penerbangan Komersial di Bandara Wiriadinata Tasikmalaya Kembali Beroperasi

Operasional penerbangan komersial itu yang pertama setelah terhenti akibat pandemi

Rep: bayu adji p/ Red: Hiru Muhammad
Sejumlah penumpang menggunakan layanan penerbangan komersial di Bandara Wiriadinata Kota Tasikmalaya, Rabu (3/8/2022).
Foto: Dok. Bandara Wiriadinata
Sejumlah penumpang menggunakan layanan penerbangan komersial di Bandara Wiriadinata Kota Tasikmalaya, Rabu (3/8/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA--Penerbangan komersial di Bandara Wiriadinata Kota Tasikmalaya kembali beroperasi sejak Rabu (3/8/2022). Operasional penerbangan komersial itu merupakan yang pertama kali setelah lebih dari dua tahun penerbangan sipil di bandara itu terhenti akibat pandemi Covid-19.

Kepala Bandara Wiriadinata, Masrukin, mengatakan, penerbangan komersial yang saat ini beroperasi di Tasikmalaya menggunakan pesawat grand caravan dengan kapasitas 12 penumpang milik maskapai Susi Air. Rute penerbangan yang dilayani baru Jakarta (Bandara Pondok Cabe) - Tasikmalaya (Bandara Wiriadinata) dan sebaliknya."Sementara kami masih sekali penerbangan sehari," kata dia saat dikonfirmasi Republika, Kamis (4/8/2022).

Baca Juga

Menurut dia, pengajuan izin operasional penerbangan komersial itu sebenarnya sudah dilakukan sejak pekan lalu. Namun, penumpang yang menggunakan pesawat komersial baru ada pada Rabu kemarin. Alhasil, penerbangan perdana yang dilakukan setelah pandemi baru dilakukan Rabu.

Masrukin mengatakan, total penumpang pada penerbangan Rabu kemarin hanya berjumlah empat orang dari Jakarta menuju Tasikmalaya. Sementara dari Tasikmalaya ke Jakarta tidak ada penumpang."Hari ini juga tidak ada penumpang. Besok ada penumpang dari Tasikmalaya mau ke Jakarta empat orang. Dari Jakarta belum ada info," ujar dia.