Jumat 05 Aug 2022 00:12 WIB

Kemenkes: Balita Kurus Meningkat 7 Juta Akibat Pandemi

5 provinsi dengan prevalensi balita wasted tertinggi masuk dalam pantauan Kemenkes.

Red: Ratna Puspita
Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes Siti Nadia Tarmizi
Foto: DOk BNPB
Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes Siti Nadia Tarmizi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah memperkirakan jumlah balita yang mengalami kondisi tubuh kurus sekali menurut tinggi badan (wasting) akan meningkat sebesar 15 persen akibat pandemi Covid-19. Persentase itu sebesar 7 juta anak 

"Perkiraan kita pascapandemi setelah dua tahun dengan kondisi yang dalam keadaan pandemi maka akan terjadi peningkatan wasting sebanyak 15 persen atau tujuh juta anak," kata Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes Siti Nadia Tarmizi dalam workshop "Menganalisis Tren Stunting dan Persoalan Sistematis Gizi Buruk" yang diikuti secara daring di Jakarta, Kamis (4/8/2022).

Baca Juga

Berdasarkan data Kemenkes melalui Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2021, jumlah anak wasting secara nasional memang menunjukkan tren turun menjadi 7,1 persen dari yang sebelumnya 7,4 persen pada tahun 2019. Namun, data juga menunjukkan bahwa jumlah anak yang mengalami kondisi underweight atau berat badan kurang, naik 17 persen pada tahun 2021. 

Angka itu meningkat dari tahun 2019 yang mencapai 16,3 persen. Kondisi itu dikhawatirkan dapat memicu meningkatnya kejadian wasting.

Adapun, lima provinsi yang memiliki prevalensi balita wasted tertinggi dan masuk dalam pantauan Kemenkes, yakni Maluku 12 persen, Papua Barat 10,8 persen, Aceh 10,7 persen, Maluku Utara 10,6 persen dan Kalimantan Selatan 10,3 persen bila melihat data SSGI 2021. Menurut Nadia, meningkatnya masalah gizi pada anak dipengaruhi oleh dampak Covid-19 kepada keluarga berupa berkurangnya pendapatan, hilangnya pekerjaan, faktor bekerja dari rumah hingga terdampak-nya sektor informal akibat terganggunya arus informasi, produksi dan ekonomi.

Ia menambahkan, Kemenkes terus mencegah prediksi itu terjadi dengan memperkuat layanan kesehatan melalui enam pilar transformasi di bidang pelayanan kesehatan, terutama pada layanan primer. Penguatan dilakukan pada siklus hidup sebagai fokus integrasi pelayanan kesehatan, mendekatkan layanan kesehatan melalui jejaring hingga tingkat desa dan dusun termasuk penguatan edukasi promosi serta resiliensi terhadap pandemi Covid-19.

Kemenkes turut memperkuat pemantauan wilayah setempat (PWS) melalui pemantauan dengan dashboard situasi kesehatan per desa.Nadia menyatakan pelayanan kesehatan memang akan terus ditingkatkan. Namun, Kemenkes juga akan terus memperbaiki data dalam SSGI sesuai dengan audit yang dilakukan di lapangan, sehingga jumlah nyatanya bisa diketahui setelah penyusunan selesai dilakukan.

"Memang diperkirakan ada tujuh juta anak tadi dengan kondisi wasting. Tapi kita akan tunggu dulu hasil daripada SSGI yang kita lakukan di tahun ini," ucap Nadia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement