Tuesday, 8 Rabiul Awwal 1444 / 04 October 2022

Tuesday, 8 Rabiul Awwal 1444 / 04 October 2022

 

8 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Habib Ja’far:  Imbangi Semangat Berislam Kita dengan Literasi yang Baik

Kamis 04 Aug 2022 23:46 WIB

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah

Habib Ja'far mengajak umat Islam untuk perkuat literasi

Habib Ja'far mengajak umat Islam untuk perkuat literasi

Foto: Dok Republika
Habib Ja'far mengajak umat Islam untuk perkuat literasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pendakwah sekaligus influencer media sosial, Habib Husein Ja’far Al Hadar atau yang biasa dipanggil Habib Ja’far mengunjungi pameran Pameran buku Islamic Book Fair (IBF), Jakarta Convention Center (JCC). Dia melihat, kesadaran anak muda atau milenial untuk belajar Islam sekarang sudah sangat tinggi.

 

“Kesadaran untuk belajar Islam itu kan sekarang tinggi sekali. Angkanya itu di anak muda sampai 63 persen. Tapi kan kesadaran pembelajarannya itu tidak diikuti dengan literasi yang baik. Media sosial kita juga begitu. Kita itu negara dengan literasi terendah, tapi komentar tertinggi di medsos,” ujar Habib Ja’far usai menjadi pembicara dalam diskusi publik di Pameran IBF, Kamis (4/8/2022) malam.

Baca Juga

Karena itu, Habib Ja’far mengajak semua pihak untuk meningkatkan literasi di tengah tingginya semangat anak muda untuk belajar Islam. Dia pun mengapresiasi Bimas Islam Kementerian Agama yang turut terlibat dalam pameran buku Islam ini.

“Kalau tidak diimbangi dengan literasi yang baik, kita hanya akan menciptakan anak-anak muda yang berislam secara tidak tepat. Pemahamannya Islam cetek, tapi semangat berislamnya tinggi,” ucap dia.

Di menambahkan, pengertian literasi itu sendiri sekarang sudah meluas, bukan hanya literasi buku melainkan juga media sosial. Karena itu, menurut dia, Bimas Islam Kementerian Agama juga penting untuk melakukan literasi digital.

“Itu lah pentingnya Bimas Islam secara literasi buku maupun literasi digital. Bagaimana kemudian mengkolaborasikan itu apa yang ada di buku menjadi konten di digital dan juga dicapture dalam bentuk buku,” kata Habib Ja’far.

Kehadiran Habib Ja’far di pameran IBF ini berbarengan dengan kunjungan Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid. Dia pun mengapresiasi keterlibatan Bimas Islam Kemenag dalam pameran IBF tahun ini.

“Saya sangat apresiasi dan tentunya mendukung keterlibatan Bimas Islam dalam rangka mengisi dan meramaikan IBF agar keberadaannya juga diketahui oleh banyak masyarakat apalagi produk-produk buku-bukunya tidak kalah menarik,” jelas Zainut di tempat yang sama. 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile