Jumat 05 Aug 2022 18:59 WIB

Wagub Edy Terima Ikhtisar Hasil Pengawasan Semester I dari BPKP

Hasil pengawasan BPKP ini dapat menjadi rekomendasi strategis bagi Pemprov Kalteng

Red: Christiyaningsih
 Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo saat memberikan arahan kepada jajarannya.
Foto: Pemprov Kalteng
Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo saat memberikan arahan kepada jajarannya.

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA - Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Bambang Ari Setiono menyerahkan Ikhtisar Hasil Pengawasan BPKP Kalteng Semester I Tahun 2022 kepada Wakil Gubernur H. Edy Pratowo. Dalam acara tersebut Wagub didampingi Sekretaris Daerah H. Nuryakin.

Penyerahan berlangsung saat Focus Group Discussion (FGD) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kalteng TA. 2022 yang diselenggarakan secara hybrid di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur, Jumat (5/8/2022). Pada kesempatan tersebut, Bambang menyampaikan bahwa selama Semester I tahun 2022 BPKP telah melakukan sejumlah pengawasan yang diarahkan pada isu-isu nasional dan daerah dalam rangka mengawal percepatan penanganan Covid-19 serta pemulihan ekonomi nasional.

Baca Juga

Kegiatan pengawasan tersebut terbagi dalam beberapa aspek. Aspek-aspek itu meliputi pengelolaan keuangan daerah, perlindungan manusia menghadapi pandemi, peningkatan ketahanan nasional, pemerataan pembangunan yang berkeadilan, hingga penguatan Good Governance dan pengendalian kecurangan.

Selain itu, pengawasan difokuskan pada berbagai program/kegiatan. Di antaranya akuntabilitas keuangan daerah, evaluasi penyerapan anggaran, ketahanan sistem kesehatan, dan ketahanan sistem perlindungan sosial. 

Kemudian ketahanan sistem pendidikan, ketahanan korporasi, pembangunan infrastruktur dan penanggulangan bencana. Aspek lainnya pembangunan daerah dan desa, tata kelola, serta pengendalian kecurangan.

Bambang berharap hasil pengawasan BPKP ini dapat menjadi rekomendasi strategis bagi Pemprov Kalteng melalui jajaran Inspektorat provinsi/kabupaten/kota dalam memetakan risiko-risiko untuk melakukan perbaikan pada program yang belum terlaksana ataupun menemui hambatan saat proses pelaksanaannya. “BPKP Kalteng akan selalu siap mendampingi Pemprov dalam mewujudkan tata kelola keuangan dan pembangunan yang berkualitas dan akuntabel,” kata Bambang.

photo
Kepala Perwakilan BPKP Prov. Kalteng Bambang Ari Setiono saat menyerahkan Ikhtisar Hasil Pengawasan BPKP Kalteng Semester I Tahun 2022 kepada Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo. - (Pemprov Kalteng)

Wakil Gubernur H. Edy Pratowo saat menyampaikan arahan menyambut baik adanya Ikhtisar Hasil Pengawasan dari BPKP terhadap kinerja Pemprov Kalteng selama Semester I tahun 2022. “Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada BPKP karena selama ini telah melakukan pengawasan serta mendampingi Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dalam menyelenggarakan kegiatan pembangunan dan tata kelola pemerintahan," tutur Wagub Edy.

Ia menegaskan Pemprov akan senantiasa berupaya menindaklanjuti sejumlah rekomendasi dalam Ikhtisar Hasil Pengawasan BPKP demi terwujudnya pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Bumi Tambun Bungai.

FGD tentang APBD Provinsi Kalteng TA 2022 dihadiri Dirjen Perimbangan Keuangan Kemenkeu Asteria Primanto Bhakti, Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Agus Fatoni, Deputi III Koordinasi dan Supervisi KPK Bahtiar Ujang serta Direktur Advokasi Pemerintah Daerah LKPP Iwan Herniwan. Selain itu hadir pula Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalteng H. Abdul Razak, Forkopimda Provinsi Kalteng, Auditor Ahli Utama Inspektorat Provinsi Kalteng H. Sapto Nugroho, Ketua DPRD beserta Ketua Banggar DPRD Kabupaten/Kota, Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota se-Kalteng, serta Kepala Perangkat Daerah Provinsi dan kabupaten/kota. 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَلَىِٕنْ اَذَقْنٰهُ رَحْمَةً مِّنَّا مِنْۢ بَعْدِ ضَرَّاۤءَ مَسَّتْهُ لَيَقُوْلَنَّ هٰذَا لِيْۙ وَمَآ اَظُنُّ السَّاعَةَ قَاۤىِٕمَةًۙ وَّلَىِٕنْ رُّجِعْتُ اِلٰى رَبِّيْٓ اِنَّ لِيْ عِنْدَهٗ لَلْحُسْنٰىۚ فَلَنُنَبِّئَنَّ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا بِمَا عَمِلُوْاۖ وَلَنُذِيْقَنَّهُمْ مِّنْ عَذَابٍ غَلِيْظٍ
Dan jika Kami berikan kepadanya suatu rahmat dari Kami setelah ditimpa kesusahan, pastilah dia berkata, “Ini adalah hakku, dan aku tidak yakin bahwa hari Kiamat itu akan terjadi. Dan jika aku dikembalikan kepada Tuhanku, sesungguhnya aku akan memperoleh kebaikan di sisi-Nya.” Maka sungguh, akan Kami beritahukan kepada orang-orang kafir tentang apa yang telah mereka kerjakan, dan sungguh, akan Kami timpakan kepada mereka azab yang berat.

(QS. Fussilat ayat 50)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement