Jumat 05 Aug 2022 19:14 WIB

PSM Makassar Siap Redam Persija Jakarta

Pelatih PSM telah mempelajari beberapa pertandingan terakhir Persija.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pemain PSM Makassar, Muhammad Arfan dan pelatih PSM Bernando Tavares (kanan) dalam konferensi pers jelang laga belum lama ini.
Foto: Dok PSM Makassar
Pemain PSM Makassar, Muhammad Arfan dan pelatih PSM Bernando Tavares (kanan) dalam konferensi pers jelang laga belum lama ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PSM Makassar akan menjamu Persija Jakarta pada laga pekan ketiga kompetisi sepak bola Liga 1 2022/2023 di Stadion BJ Habibie, Parepare, Jumat (5/8/2022). Tim tuan rumah punya catatan bagus di awal musim ini dengan dua kemenangan beruntun saat bertandang ke markas PSS Sleman dan menjamu juara bertahan, Bali United.

Tim asuhan Bernando Tavares berhasil mengemas kemenangan 2-1 di kandang PSS dan menaklukkan Bali United dua gol tanpa balas. Catatan ini tentu akan menambah kepercayaan diri Wiljan Pluim dkk. Skuad Juku Eja bertekad untuk mempertahankan tren positif tersebut di hadapan para pendukungnya sendiri.

Baca Juga

Menjelang pertandingan melawan Persija, PSM mendapatkan satu amunisi baru di lini depan. Adalah striker Donald Bissa resmi menjadi bagian dari PSM setelah namanya tercantum di laman resmi PT Liga Indonesia Baru. Donald merupakan pemain naturalisasi asal Pantai Gading dan sudah bergabung dengan PSM beberapa waktu lalu, namun masih berstatus trial.

Bergabungnya striker berusia 30 tahun ini tentu akan menambah opsi di lini depan PSM. Kini Bernardo punya satu pilihan tambahan setelah sebelumnya ia selalu mengandalkan Everton Nascimento, Ramadhan Sananta, dan Ricky Pratama. Bernardo pun mengaku telah mempersiapkan taktik untuk menghadapi tim Ibu Kota pada laga nanti.

"Saya tidak bisa memberitahu strategi yang akan kami terapkan karena saya hanya memberitahu pada para pemain," kata Bernardo dikutip dari laman resmi PSM, Kamis (4/8/2022).

Pelatih berpaspor Portugal itu mengaku telah mempelajari beberapa pertandingan terakhir Persija di Liga 1 2022. Menurutnya, Persija akan tampil seperti biasa, yakni mencoba mendominasi permainan.

Sebab itu, Bernardo telah mempersiapkan taktik yang tepat untuk menangani gaya permainan yang akan ditunjukkan oleh skuad Macan Kemayoran. "Dari beberapa pertandingan terakhir Persija, tentu saja saya melihat mereka menggunakan ball possession," jelasnya.

Di lain pihak, Persija memboyong 20 pemain untuk menantang seteru abadinya sejak di era perserikatan, PSM. Namun, tim berjuluk Macan Kemayoran akan kehilangan sejumlah pilar pada laga ini, yakni Michael Krmencik, Firza Andika, Dony Tri Pamungkas, dan Rezaldi Hehanussa. Keempatnya mengalami demam jelang laga. Kemudian dua pemain lainnya, Otavio Dutra dan Ismed Sofyan, masih dalam masa pemulihan.

Persija baru bangkit dari kekalahan di laga perdana. Andritany Adrhiyasa dkk berhasil meraih kemenangan 2-1 melawan Persis Solo di pekan kedua setelah sebelumnya skuad asuhan Thomas Doll takluk 0-1 saat menghadapi Bali United.

Kendati demikian, pelatih asal Jerman berusia 56 tahun itu menilai masih banyak hal yang perlu dibenahi oleh tim asuhannya. "Kami harus lebih baik di pertandingan selanjutnya," kata Thomas Doll.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement