Jumat 05 Aug 2022 21:40 WIB

Timnas Sepak Bola Indonesia Kalah dari Thailand di Final ASEAN Para Games 2022

Indonesia kalah lewat adu penalti.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Pesepakbola dan tim official Indonesia menangis saat upacara penyerahan medali sesuai pertandingan final sepak bola CP ASEAN Para Games 2022 di Stadion UNS Solo, Jawa Tengah, Jumat (5/8/2022). Indonesia dikalahkan Thailand dengan skor 5-6.
Foto: ANTARA/Maulana Surya
Pesepakbola dan tim official Indonesia menangis saat upacara penyerahan medali sesuai pertandingan final sepak bola CP ASEAN Para Games 2022 di Stadion UNS Solo, Jawa Tengah, Jumat (5/8/2022). Indonesia dikalahkan Thailand dengan skor 5-6.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Tim sepak bola cerebral palsy (CP) Indonesia merebut medali perak ASEAN Para Games 2022 setelah kalah adu penalti 5-6 melawan Thailand dalam final di Stadion Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Jumat (5/8/2022) petang. Pertandingan yang disaksikan dua ribuan penonton itu berlangsung seru dan menarik.Thailand lebih dahulu memimpin pada menit 13 berkat gol yang dibuat Chanatip Deeman, namun tuan rumah menyamakan kedudukan melalui gol yang dicetak Cahyana.

Pada babak kedua Indonesia berbalik unggul 2-1 dari gol yang dilesakkan Yahya Hernanda, namun giliran Thailand yang menyamakan kedudukan ketika pemain Thailand Narongchai Thaohong mencetak gol pada menit tambahan sehingga kedudukan imbang 2-2. Pada perpanjangan waktu dua kali 10 menit, Indonesia memasukkan gol dari kaki Yusuf Suhendar untuk mengubah kedudukan 3-2, tetapi kembali Thailand menyamakan kedudukan dari penalti yang dieksekusi Phonpipat.

Baca Juga

Giliaran Thailand yang berbalik unggul pada menit 82 ketika Siwadol mencetak gol yang membuat Indonesia tertinggal 3-4, tetapi tuan rumah menyamakan kedudukan pada menit akhir babak tambahan. Kedudukan 4-4 bertahan sampai 2x10 menit selesai sehingga pertandingan mesti dilanjutkan dengan adu penalti.Penendang penalti pertama Indonesia, Yahya Hernanda, gagal memasukkan gol setelah bola membentur gawang. 

Yusuf Suhendar juga gagal setelah tendangannya ditepis kiper Thailand. Satu-satu penendang penalti Indonesia yang berhasil adalah Cahyana.

Sebaliknya dua penendang penalti Thailand berhasil menjalankan tugasnya sehingga Thailand merebut medali emas dengan skor akhir 6-5 (adu penalti 2-1). Pelatih tim Indonesia Anshar Ahmad menilai pemain-pemainnya sudah bekerja keras dan bermain luar biasa, tetapi karena kurang tenang mereka gagal memenangkan laga ini.

"Kedua tim bermain bagus dan saling menyerang. Anak-anak sudah bermain maksimal dan pemainnya kurang komplit dan ada yang cedera," kata Anshar setelah pertandingan.

Pertandingan final ini juga dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Ketua PSSI Mochamad Iriawan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Ketua INASPOC Gibran Rakabuming Raka.Usai laga ini digelar penyerahan medali di mana medali emas untuk Thailand, medali perak untuk Indonesia, dan medali perunggu untuk Myanmar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement