Sabtu 06 Aug 2022 00:30 WIB

15 Tanda Diabetes Sudah Merusak Kaki Anda

Kadar gula darah yang tinggi dalam jangka panjang dapat merusak kaki.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Kaki (ilustrasi). Secara umum, masalah pada kaki pada pengidap diabetes disebabkan oleh tak terkontrolnya kadar gula darah dalam jangka panjang.
Foto: www.freepik.com.
Kaki (ilustrasi). Secara umum, masalah pada kaki pada pengidap diabetes disebabkan oleh tak terkontrolnya kadar gula darah dalam jangka panjang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masalah kaki merupakan keluhan yang cukup umum ditemukan di antara penyandang diabetes. Bagaimana cara mengenalinya?

Secara umum, masalah pada kaki pada pengidap diabetes disebabkan oleh tak terkontrolnya kadar gula darah dalam jangka panjang. Kadar gula darah yang terus-menerus tinggi, bisa menyebabkan kerusakan pada saraf dan pembuluh darah di kaki.

Baca Juga

Kerusakan saraf ini dikenal sebagai neuropati diabetik. Neuropati diabetik bisa membuat diabetesi tak merasakan sakit atau kebas di area kaki.

Hal ini akan membuat mereka sulit untuk menyadari adanya luka pada kaki. Luka pada kaki yang terabaikan bisa berujung pada infeksi dan bahkan kematian jaringan atau gangren. Bila gangren terjadi, pengidap kencing manis mungkin akan membutuhkan amputasi.

Diabetes.co.uk mengidentifikasi ada 15 tanda yang patut diwaspadai oleh diabetesi. Alasannya, tanda-tanda tersebut kemungkinan berkaitan dengan adanya kerusakan atau masalah yang terjadi pada kaki akibat diabetes. Berikut ini adalah 15 tanda tersebut:

1. Muncul luka: goresan, terbakar, atau lepuh

2. Nyeri pada kaki

3. Rasa seperti kesemutan atau tertusuk duri

4. Sensasi terbakar

5. Kaki hangat atau panas

6. Kaki dingin

7. Kebas

8. Bengkak

9. Kulit kaki kering atau pecah-pecah

10. Spot yang keras pada kaki

11. Kutil dan jamur

12. Perubahan warna

13. Perubahan bentuk kaki

14. Perubahan kuku kaki

15. Perubahan bau

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement