Jumat 05 Aug 2022 21:40 WIB

Satgas IDI: Spesimen Lesi Kulit Penentu Konfirmasi Cacar Monyet

Pasien berstatus suspek monkeypox di Jateng sedang menjalani pemeriksaan lesi kulit.

Red: Ratna Puspita
Cacar monyet atau monkeypox. Ilustrasi
Foto: Pixabay
Cacar monyet atau monkeypox. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ketua Satgas Monkeypox Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Hanny Nilasari mengatakan, penelitian spesimen pada lesi kulit menjadi salah satu faktor penentu konfirmasi kasus cacar monyet atau monkeypox pada pasien. Salah satu pasien berstatus suspek monkeypox di Jawa Tengah yang sedang menjalani pemeriksaan lesi kulit setelah hasil pemeriksaan orofaring dinyatakan negatif.

Lesi adalah kerusakan atau ketidaknormalan setiap bagian atau jaringan di dalam tubuh. "Lesi kulit itu yang paling tinggi sensitivitasnya jika dibandingkan dengan pemeriksaan orofaring (tenggorok)," kata Hanny Nilasari dalam konferensi pers virtual yang diikuti dari Zoom di Jakarta, Jumat (5/8/2022).

Baca Juga

Hanny yang merupakan dokter spesialis kulit dan kelamin itu mengatakan, penelitian spesimen lesi kulit tergantung pada cara pengambilan sampel. Makin baru lesinya, jumlah virus terdeteksi pun makin banyak.

"Kalau salah satu dari pemeriksaan dinyatakan positif (orofaring atau lesi kulit), itu terkonfirmasi positif monkeypox," katanya.

Ia mengatakan, prosedur pengambilan sampel pada suspek monkeypox dilakukan di dalam kamar khusus melalui metode isolasi. Tim medis yang terlibat wajib memakai alat pelindung diri dan sesuai mekanisme tata laksana penanganan pasien.

"Tentu pasien akan diberi antibiotik yang sesuai jenis infeksinya. Kalau ada dehidrasi akan diberi cairan yang memadai, gizi harus diperhatikan," ujarnya.

Menurut Hanny, hingga saat ini belum ada rumah sakit rujukan pasien monkeypox yang ditunjuk pemerintah. Saat ini yang tersedia adalah laboratorium rujukan untuk pemeriksaan sampel virus monkeypox.

Laboratorium yang dimaksud di antaranya Laboratorium Pusat Studi Satwa Primata di Bogor dan Laboratorium Penelitian Penyakit Infeksi Prof. dr. Sri Oemijati di Jakarta. "Kalau ada gejala, demam, manifestasi di kulit, diraba di leher ada benjolan, kita harus ke fasilitas kesehatan. Jangan diagnosis diri sendiri," katanya.

Hanny mengatakan, cacar monyet menular dengan mudah, tergantung daya tahan tubuh. "Kalau daya tahan tubuh kita baik, dan kontak tidak terlalu erat, kemungkinan kita tidak terinfeksi. Tapi kalau daya tahan tubuh lemah, tentunya harus hati-hati, kita juga bisa tertular," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement