Sabtu 06 Aug 2022 12:47 WIB

10 Sumber Protein Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Protein termasuk salah satu nutrisi yang bisa bantu turunkan berat badan.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Nora Azizah
Ikan tinggi protein dan rendah kalori, yang membuatnya bagus untuk mereka yang mencoba menurunkan berat badan.
Foto: www.pxhere.com
Ikan tinggi protein dan rendah kalori, yang membuatnya bagus untuk mereka yang mencoba menurunkan berat badan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Ada kesalahpahaman bahwa memangkas beberapa inci dari lingkar pinggang Anda mengharuskan melewatkan makan. Namun, hal tersebut tidak benar dan tidak sehat.

Dilansir dari Parade pada Sabtu (6/8/2002), menurunkan berat badan atau tidak, tetap penting untuk memastikan Anda memenuhi kebutuhan harian yang direkomendasikan untuk semua nutrisi yang diperlukan, termasuk serat, protein dan zat gizi mikro.  

Baca Juga

Nutrisi termasuk protein, serat dan lemak sehat adalah kunci untuk menurunkan berat badan yang sehat karena membantu Anda merasa kenyang membuat seseorang cenderung tidak makan berlebihan makanan miskin nutrisi nantinya.

Berikut 10 sumber protein yang membantu menurunkan berat badan.

 

1. Ayam atau Kalkun Tanpa Kulit

Jika Anda menyukai ayam atau kalkun tetapi mencoba menurunkan berat badan cobalah untuk memakannya tidak memakai kulit. Bagaimana Anda mempersiapkan ayam Anda juga penting.  Memanggang atau menggoreng. Jika memanggang adalah cara yang lebih sehat untuk memasak ayam daripada menggoreng.

 

2. Potongan Daging Sapi Tanpa Lemak 

Anda tidak harus benar-benar memutuskan hubungan dengan daging sapi jika Anda ingin menurunkan berat badan. Daging sapi tanpa lemak lebih rendah lemak jenuhnya daripada daging merah.

 

3. Ikan

Ikan tinggi protein dan rendah kalori, yang membuatnya bagus untuk mereka yang mencoba menurunkan berat badan. Anda bisa makan ikan dalam porsi besar, yang akan membuat Anda merasa kenyang, tetapi tidak akan menambah banyak kalori ekstra untuk diet Anda. Asam lemak omega-3 dalam ikan adalah nutrisi penting, mendukung kesehatan otak dan jantung.

 

4. Telur

Telur utuh sangat sehat, tetapi lebih tinggi kalori daripada putih telur, karena lemak di kuning telur. Untuk menurunkan berat badan, direkomendasikan kombinasi satu hingga dua telur utuh ditambah putih telur. 

Kombinasi ini akan memastikan Anda mendapatkan protein yang cukup tanpa terlalu banyak lemak. Telur utuh juga lebih mengenyangkan daripada hanya makan putih telur saja, alasan lain mengapa ada baiknya untuk memiliki keduanya.

 

5. Kacang dan Lentil

Kacang dan lentil adalah protein yang bagus untuk menurunkan berat badan karena kaya akan serat, yang membantu rasa kenyang. Studi ilmiah menunjukkan hubungan langsung antara asupan serat dan penurunan berat badan, namun alasan lain untuk memasukkan kacang dan lentil ke dalam makanan Anda jika Anda mencoba menurunkan lemak tubuh.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement