Sabtu 06 Aug 2022 18:40 WIB

BI: Akselerasi Kinerja Ekonomi Triwulan II-2022 Ditopang Permintaan Domestik

Kinerja ekonomi triwulan II-2022 Indonesia tumbuh 5,44 persen.

Red: Andri Saubani
Peternak memanen jangkrik di Peternakan Sonny, Tapos, Depok, Jawa Barat, Sabtu (6/8/2022). Menurut peternak budidaya jangkrik untuk pakan burung yang dijual Rp30 ribu per kilogram itu secara ekonomi menjanjikan karena adanya permintaan yang terus meningkat.
Foto: ANTARA/Asprilla Dwi Adha
Peternak memanen jangkrik di Peternakan Sonny, Tapos, Depok, Jawa Barat, Sabtu (6/8/2022). Menurut peternak budidaya jangkrik untuk pakan burung yang dijual Rp30 ribu per kilogram itu secara ekonomi menjanjikan karena adanya permintaan yang terus meningkat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Indonesia (BI) menyebutkan akselerasi kinerja ekonomi triwulan II-2022 yang tumbuh 5,44 persen (year-on-year/yoy) ditopang oleh permintaan domestik yang terus meningkat. Terutama konsumsi rumah tangga dan kinerja ekspor yang tetap tinggi.

Perbaikan ekonomi nasional juga tercermin pada peningkatan pertumbuhan mayoritas lapangan usaha dan di seluruh wilayah. "Ke depan, perbaikan ekonomi Indonesia diperkirakan masih berlanjut, didukung oleh peningkatan mobilitas, sumber pembiayaan, dan aktivitas dunia usaha," kata Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat (5/8/2022).

Baca Juga

Namun demikian, ia mengingatkan dampak perlambatan ekonomi global terhadap kinerja ekspor dan potensi tertahannya konsumsi rumah tangga akibat kenaikan inflasi patut diwaspadai. Dari sisi pengeluaran, pertumbuhan ekonomi pada triwulan II 2022 didukung oleh hampir seluruh komponennya.

Konsumsi rumah tangga tumbuh tinggi sebesar 5,51 persen (yoy), jauh di atas capaian triwulan sebelumnya sebesar 4,34 persen (yoy). Kinerja positif tersebut didorong oleh peningkatan mobilitas masyarakat seiring dengan semakin longgarnya kebijakan pembatasan mobilitas dan aktivitas terkait perayaan Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN).

Ekspor juga tercatat tumbuh paling tinggi dalam komponen pengeluaran, yakni 19,74 persen (yoy) yang ditopang oleh permintaan mitra dagang utama yang tetap kuat. Kendati begitu, konsumsi Pemerintah masih terkontraksi sebesar 5,24 persen (yoy) terutama bersumber dari penurunan belanja barang untuk Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) sejalan dengan membaiknya kondisi pandemi Covid-19.

Dari sisi lapangan usaha, kata Erwin, kinerja hampir seluruh lapangan usaha pada triwulan II-2022 menunjukkan berlanjutnya perbaikan ekonomi. Perbaikan itu terutama didorong oleh beberapa lapangan usaha seperti industri pengolahan, transportasi dan pergudangan, serta perdagangan besar dan eceran.

Sektor penyediaan akomodasi dan makan minum juga mencatat pertumbuhan yang tinggi didorong oleh pelonggaran syarat perjalanan dan peningkatan aktivitas terkait perayaan HBKN. Sementara secara spasial, perbaikan ekonomi ditopang oleh peningkatan pertumbuhan yang terjadi di seluruh wilayah Indonesia, dengan pertumbuhan tertinggi tercatat di wilayah Sulawesi-Maluku-Papua (Sulampua), diikuti Jawa, Sumatera, Kalimantan, serta Bali-Nusa Tenggara (Balinusra).

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
لَهٗ مُعَقِّبٰتٌ مِّنْۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهٖ يَحْفَظُوْنَهٗ مِنْ اَمْرِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْۗ وَاِذَآ اَرَادَ اللّٰهُ بِقَوْمٍ سُوْۤءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ ۚوَمَا لَهُمْ مِّنْ دُوْنِهٖ مِنْ وَّالٍ
Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia.

(QS. Ar-Ra'd ayat 11)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement