Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image ardian nur wicaksono

Menikmati Minuman Khas Kota Dawet Ayu

Kuliner | Saturday, 06 Aug 2022, 15:26 WIB

Ada banyak hidangan lezat yang bisa dicoba di Jawa Tengah, salah satunya adalah Dawet Ayu. Semua orang tahu minuman ini. Banjarnegara memiliki cita rasa minuman yang unik yang tidak ditemukan di tempat lain. Minuman ini memiliki campuran gula Jawa yang manis dengan sentuhan santan putih dari kelapa, dan sedikit pandan. Rasanya sederhana, tetapi sangat menyegarkan karena kesegarannya. Minuman ini paling cocok diminum siang hari atau musim kemarau.

Di Banjarnegara, penjual es memanggul dagangannya di pundak. Bawa berkeliling dan lihat di mana itu terasa paling nyaman bagi Anda. Sebenarnya alat jual es dawet ayu ini memiliki arti tertentu. Selidiki klasifikasi gagang sendok yang digunakan untuk mengambil hidangan ini, yang terbuat dari kayu pohon kanthil dan nama-namanya saling berhubungan. Sendok ini memiliki sosok putri boneka yang cantik pada gagangnya. Sang putri konon memiliki wajah yang lebih cantik dari tokoh pewayangan lainnya.Hal ini terlihat dari lekuk sendok yang mirip dengan wajah Dewi Srikandi.

Tentu saja, kami tidak terlalu memperhatikan makna patung Wayang di Dawet Ayu, atau menganggapnya sebagai hiasan khas pedagang. Patung wayang memiliki filosofi unik yang berbeda dari kebanyakan patung lainnya. Mereka adalah Semar dan Gareng yang masing-masing dilambangkan dengan kehadiran tokoh pewayangan yang mewakili kata mareng. Minuman ini terkenal dan populer karena harganya yang murah dan rasanya yang menyegarkan.

Jika Anda mencari dawet ayu, mungkin tidak perlu jauh-jauh. Beberapa tempat di mana Anda dapat menemukannya termasuk alun-alun kota, di sepanjang jalan raya, dan di pasar tradisional. Minuman dawet ayu ini terbuat dari tepung beras rebus dan warna hijaunya berasal dari bahan alami, seperti daun pandan. Rasa manisnya berasal dari gula kelapa dan santannya terbuat dari segar.

Berdasarkan cerita ini, Profesor Murdijati percaya bahwa orang yang minum minuman dawet dapat menemukan bahwa mereka memiliki lebih banyak energi. Minuman dawet terbuat dari cendol yang merupakan minuman yang banyak mengandung karbohidrat dan santan yang merupakan minuman dengan kandungan lemak yang tinggi. “Dawet dan santan adalah sumber energi yang dibutuhkan tubuh kita,” tambahnya. (ard)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image