Tuesday, 5 Jumadil Awwal 1444 / 29 November 2022

Tuesday, 5 Jumadil Awwal 1444 / 29 November 2022

5 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

9 dari 10 Orang tidak Tahu Punya Penyakit Ginjal

Sabtu 06 Aug 2022 16:10 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti

Sekitar sembilan dari 10 orang tidak menyadiri dirinya memiliki penyakit ginjal (ilustrasi).

Sekitar sembilan dari 10 orang tidak menyadiri dirinya memiliki penyakit ginjal (ilustrasi).

Foto: www.freepik.com
Mereka yang memiliki penyakit ginjal cenderung tidak mengalami gejala.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, lebih dari 37 juta orang diperkirakan memiliki penyakit ginjal kronis. Bahkan sembilan dari 10 orang tidak tahu bahwa mereka mengidapnya.

"Ada sejumlah tanda fisik penyakit ginjal, tetapi terkadang orang mengaitkannya dengan kondisi lain," kata Kepala Petugas Medis di National Kidney Foundation, dr Joseph Vassalotti, seperti dilansir laman Eat This Not That, Sabtu (6/8/2022).

Baca Juga

Mereka yang memiliki penyakit ginjal cenderung tidak mengalami gejala sampai tahap yang sangat lanjut ketika gagal ginjal atau ketika ada sejumlah besar protein dalam urine. Ini adalah salah satu alasan mengapa hanya 10 persen orang dengan penyakit ginjal kronis tahu bahwa mereka memilikinya.

Berikut adalah beberapa gejala pasti penyakit ginjal:

1. Kelelahan

Kelelahan yang tidak dapat dijelaskan bisa menjadi tanda penyakit ginjal. Selain menyaring limbah, ginjal yang sehat membuat hormon yang disebut erythropoietin (EPO) yang memberi tahu sumsum tulang Anda untuk membuat sel darah merah.

"Jika ginjal Anda tidak bekerja sebaik yang seharusnya, mereka tidak akan cukup memproduksi hormon penting," ujar spesialis ginjal di Rumah Sakit Mount Sinai di New York City, Staci Leisman seperti dilansir laman Eat This Not That, Sabtu (6/8/2022). Akibatnya, Anda menghasilkan lebih sedikit sel darah merah, yang dapat menyebabkan kondisi yang disebut anemia.

2. Urine berdarah

Urine berbusa, berubah warna, dan berdarah bisa menjadi tanda penyakit ginjal. Perubahan buang air kecil (BAK) misalnya, buang air kecil lebih banyak atau lebih sedikit dari biasanya, juga bisa menjadi tanda bahaya. "Bahkan sedikit darah dapat mengubah warna urine secara dramatis," ujar ahli nefrologi Juan Calle.

3. Mual

Mual dan muntah sering dilaporkan sebagai gejala penyakit ginjal yang tidak menyenangkan. "Tanda-tanda awal adalah Anda mungkin merasa mual terutama di pagi hari, atau Anda memiliki nafsu makan dan Anda mencium bau makanan dan kemudian perut Anda berubah," ujar ahli nefrologi James Simon

"Anda sebenarnya mual sepanjang hari, rasa pahit dan logam di mulutmu. Itu adalah tanda-tanda paling awal," kata dia lagi.

4. Tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi bisa menjadi tanda penyakit ginjal, tetapi dokter tidak yakin bagaimana mereka terhubung. "Tekanan darah tinggi mungkin merupakan tanda penyakit ginjal, atau mungkin menyebabkannya. Ini adalah dilema ayam atau telur," ujar dr Calle .

"Siapa pun yang memiliki tekanan darah tinggi dan diabetes perlu diskrining untuk penyakit ginjal.

Mengetahui faktor risiko penyakit ginjal kronis adalah kunci untuk pencegahan. "Faktor risiko utama termasuk diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit kardiovaskular, riwayat keluarga gagal ginjal dan usia di atas 60 tahun," tambah Leslie Spry, MD, FACP.

Faktor risiko sekunder termasuk obesitas, penyakit autoimun, infeksi saluran kemih, infeksi sistemik, dan kehilangan ginjal, kerusakan, cedera atau infeksi. Menjaga kesehatan secara keseluruhan membantu melindungi kesehatan ginjal. Praktik gaya hidup yang bijaksana di antaranya berolahraga secara teratur; diet rendah garam; mengendalikan berat badan; memantau tekanan darah, kadar kolesterol, dan glukosa; tidak merokok, minum secukupnya, menghindari obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), dan melakukan pemeriksaan fisik tahunan.

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile