Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

 

7 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Cara Tepat Menghadapi Anak Tantrum Menurut Psikolog

Ahad 07 Aug 2022 01:35 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda

Anak balita sedang tantrum (ilustrasi). Orang tua perlu memahami penyebab anak tantrum.

Anak balita sedang tantrum (ilustrasi). Orang tua perlu memahami penyebab anak tantrum.

Foto: Republika/Yogi Ardhi
Sebagian anak ada yang lebih mudah tantrum dibandingkan anak lainnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anak-anak terkadang mengalami ledakan emosi atau tantrum. Lazimnya, tantrum ditandai dengan menangis, menjerit, berteriak, dan menolak segala upaya orang lain untuk menenangkan.

 

Psikolog Marsha Tengker menyebut cukup normal jika hal tersebut terjadi pada anak. Perempuan yang akrab disapa Caca Tengker itu mencermati, ada anak yang lebih sering mengalaminya daripada anak lain.

Baca Juga

"Kalau sering tidak bisa disalahkan karena ada anak yang intensitas emosinya lebih besar dan meluap-luap. Anak yang usianya lebih kecil juga sulit memahami emosi yang dia rasakan," ujar Caca pada peluncuran buku seri Emosi Anak dan fitur belanja aplikasi Tentang Anak.

Caca yang dikenal sebagai mom influencer mengatakan bisa jadi anak merasakan emosi marah, sedih, takut, atau campuran dari semuanya. Karena anak tidak memahami perasaan itu dan tidak mengetahui cara mengelolanya maka terjadilah tantrum.

Sebagian orang tua mungkin merasa bingung saat ledakan emosi anak terjadi. Caca yang merupakan psikolog dewasa dan keluarga di Tentang Anak membagikan saran untuk menghadapi situasi tersebut.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile