Ahad 07 Aug 2022 20:15 WIB

Live Liga 1: Persikabo Gagalkan Misi Persis Raih Poin Pertama

Persikabo mengalahkan Persis 2-0.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
BRI Liga 1
Foto: Dok Liga Indonesia Baru
BRI Liga 1

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persikabo 1973 berhasil mengamankan poin penuh saat menjamu Persis Solo pada pekan ketiga BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Pakansari, Bogor, Ahad (7/8/2022). Kemenangan 2-0 Persikabo menggagalkan misi Persis untuk mengamankan poin pertama mereka di Liga 1 musim ini.

Hasil ini menempatkan Persikabo di peringkat kedua klasemen sementara Liga 1 dengan nilai sembilan, hanya kalah selisih gol dari Madura United. Sementara Persis berada di dasar klasemen dengan nilai nol dari tiga laga.

Baca Juga

Jalannya laga

Persis yang mencari kemenangan pertama mereka untuk keluar dari dasar klasemen mencoba menekan Persikabo di menit-menit awal pertandingan. Eky Taufik mencoba membuka ruang dari kanan serangan tapi masih bisa digagalkan oleh pemain Persikabo.

Sementara itu, Persikabo masih bermain dengan tampo lambat di 10 menit pertama. Beberapa serangan dibentuk dengan umpan-umpan panjang. Tapi percobaan serangan langsung itu dengan mudah dipatahkan di lini tengah.

Pada menit ke-12, Roni berhasil memberikan umpan terobisan kepada Gustavo, namun laju bola masih terlalu deras sehingga Riyandi bisa datang lebih cepat untuk mengamankan bola sebelum mencapai kaki Gustavo.

Pada menit ke-15, serangan Persikabo dari sisi kiri berhasil menembus pertahanan Persis sehingga Lucky mendapat pelanggaran. Tegar mengeksekusi tendangan bebas hingga sejurus kemudian Dimas mampu melepaskan tembakan pertama ke gawang tapi masih bisa diamankan kiper.

Empat menit berselang, Roni berhasil memasuki area kotak penalti Persis. Tapi ia terlalu terburu-buru untuk melepaskan tembakan ke gawang sehingga bola masih meleset jauh dari sasaran.

Persis membalas. Althaf mampu menembus sisi kanan pertahanan Persikabo. Namun umpan silang Althaf kepada Samsul Arif masih terlalu tinggi sehingga bola berada di luar jangkauannya. Persis pun harus membangun serangan dari awal.

Oada menit ke-26, Abduh Lestaluhu melalukan overlap saat Persis membangun serangan di sisi kiri, namun umpan silang Abduh kepada Samsul Arif di sisi kanan masih dapat dihalau oleh Lucas Gama sehingga bola keluar lapangan dan menghasilkan tendangan sudut bagi Persis.

Tiga menit berselang, Samsul menerima umpan terobosan dari Hamsa di sisi kiri kotak penalti Persikabo, tapi umpan mendatar tepat kepada Althaf gagal dimaksimalkan dengan baik. Tendangan Althaf meleset di sisi kanan gawang Persikabo.

Persis kembali mendapatkan peluang di menit ke-42, saat Taufiq melepaskan tembakan spekulasi dari jarak jauh. Tapi percobaan itu hanya membentur mistar gawang Persikabo. Dua menit berselang, Althaf menguji Diky dengan dua tembakan tapi keduanya berhasil digagalkan.

Pada babak kedua, Persikabo menciptakan peluang emas di menit kelima. Gustavo berhasil memberikan umpan silang dari sisi kiri kotak penalti. Bola kemudian melintas di garis gawang. Beruntung bagi Persis Abduh mampu melakukan penyelamatan penting di garis gawang.

Persikabo lebih mendominasi penguasaan bola di 15 menit pertama babak kedua. Sementara Persis memanfaatkan serangan balik cepat untuk mencari peluang ke gawang Persikabo. Tapi Persikabo yang akhirnya mencuri keunggulan lebih dulu di menit ke-69 melalui tandukan Lucas Gama saat menerima umpan tendangan sudut.

Tanpa butuh waktu lama, empat menit berselang Persikabo berhasil menggandakan keunggulan. Kali ini, gol diciptakan oleh Gustavo ketika menyanbut umpan silang dari sisi kanan. Sentuhan pertama dengan kaki kirinya berhasil menggetarkan gawang Persis Solo. Skor berubah 2-0 untuk Persikabo.

Peluang kembali tercipta beberapa kali oleh kedua tim. Tapi tidak ada gol lain yang tercipta di waktu tersisa hingga peluit panjang tanda pertandingan berakhir ditiup oleh wasit. Laga berakhir dengan skor 2-0, kemenangan bagi tuan rumah.

 

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement