Ahad 07 Aug 2022 23:44 WIB

Kapal Perang Cina dan Taiwan Saling Mengintai di Lautan

Sekitar 10 kapal perang masing-masing dari Cina dan Taiwan berlayar dalam jarak dekat

Rep: Dwina Agustin/reuters/ Red: Muhammad Fakhruddin
Kapal bergerak melalui Selat Taiwan seperti yang terlihat dari tempat pemandangan 68 mil laut, titik terdekat di daratan Cina ke pulau Taiwan, di Pingtan di Provinsi Fujian Cina tenggara, Jumat, 5 Agustus 2022. Cina melakukan
Foto: AP Photo/Ng Han Guan
Kapal bergerak melalui Selat Taiwan seperti yang terlihat dari tempat pemandangan 68 mil laut, titik terdekat di daratan Cina ke pulau Taiwan, di Pingtan di Provinsi Fujian Cina tenggara, Jumat, 5 Agustus 2022. Cina melakukan

REPUBLIKA.CO.ID,TAIPEI -- Kapal perang Cina dan Taiwan bermain kejar-kejaran di laut lepas pada Ahad (7/8). Ketegangan yang terjadi akibat kunjungan Ketua House of Representatives Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi ke Taiwan.

Sekitar 10 kapal perang masing-masing dari Cina dan Taiwan berlayar dalam jarak dekat di Selat Taiwan. Menurut seseorang yang mengetahui masalah pertikaian itu, beberapa kapal Cina melintasi garis tengah yang penyangga tidak resmi yang memisahkan kedua belah pihak.

Baca Juga

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan, beberapa kapal militer Cina, pesawat terbang, dan pesawat tak berawak sedang mensimulasikan serangan di pulau itu dan angkatan lautnya. Sebagai tanggapan, Taipei pun telah mengirim pesawat dan kapal untuk bereaksi dengan tepat.

Seorang komentator di televisi pemerintah Cina mengatakan pada Ahad malam, militer Cina sekarang akan melakukan latihan reguler di jalur Taiwan. Pembawa acara itu mengatakan, tugas bersejarah reunifikasi Cina dapat direalisasikan.

Ketika pasukan China mendekati garis perbatasan, seperti yang mereka lakukan sehari sebelumnya, menurut orang yang mengetahui situasi yang menolak untuk diidentifikasi, pihak Taiwan tetap dekat untuk memantau, jika mungkin, menyangkal kemampuan Cina untuk menyeberang. "Kedua belah pihak menunjukkan pengekangan," ujarnya menggambarkan manuver itu sebagai main kucing-kucingan di laut lepas.

"Satu sisi mencoba untuk menyeberang, dan yang lain menghalangi dan memaksa mereka ke posisi yang lebih tidak menguntungkan dan akhirnya kembali ke sisi lain," katanya.

Taipei mengatakan, rudal anti-kapal berbasis pantai dan rudal permukaan-ke-udara Patriot dalam keadaan siaga. Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan, jet tempur F-16 terbang dengan rudal anti-pesawat canggih. Lembaga itu pun mengeluarkan foto-foto senjata anti-kapal Harpoon yang dimuat di kapal lain.

Taiwan mengatakan pada Sabtu (6/8), bahwa pasukannya mengerahkan jet untuk memperingatkan 20 pesawat Cina, termasuk 14 yang melintasi garis median. Taipei juga mendeteksi 14 kapal Beijing melakukan aktivitas di sekitar Selat Taiwan.

Laporan kantor berita resmi Cina Xinhua  pekan lalu, Cina melakukan latihan yang dipusatkan di enam lokasi di sekitar Taiwan sejak Kamis (4/8 dan dijadwalkan berlangsung hingga tengah hari pada Ahad. Tidak ada pengumuman dari Cina tentang apakah latihan telah berakhir dan Taiwan mengatakan tidak dapat memverifikasi apakah Cina telah menghentikannya sesuai jadwal.

Tapi, Kementerian Transportasi Taiwan secara bertahap mencabut pembatasan penerbangan melalui wilayah udaranya. Taiwan mengatakan, pemberitahuan untuk latihan itu tidak lagi berlaku. Meski begitu, wilayah yang mengaku memiliki pemerintahan sendiri ini akan terus mengarahkan penerbangan dan kapal dari salah satu zona latihan di lepas pantai timurnya hingga Senin (8/8/2022) pagi.

AS menyebut latihan itu sebagai eskalasi signifikan dalam upaya Cina untuk mengubah status quo. "Mereka provokatif, tidak bertanggung jawab dan meningkatkan risiko salah perhitungan," kata juru bicara Gedung Putih. "Mereka juga bertentangan dengan tujuan lama kami untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan," katanya.

Tapi, Cina mengatakan hubungannya dengan Taiwan adalah masalah internal dan berhak untuk membawa pulau itu di bawah kendalinya, dengan paksa jika perlu. Taipei menolak klaim Beijing dengan mengatakan hanya rakyatnya yang dapat memutuskan masa depan mereka.

Cina telah memperingatkan AS untuk tidak bertindak gegabah dan menciptakan krisis yang lebih besar. Laporan Xinhua mengatakan dalam sebuah komentar, Pelosi telah melakukan aksi politik karena kepentingan pribadi. "Bersikeras pergi ke pulau itu, dia tampaknya tidak peduli untuk merusak hubungan Cina-AS, atau membahayakan perdamaian di Selat Taiwan," katanya. 

 

Sumber: reuters.com/world/taiwan-says-chinese-planes-ships-carry-out-attack-simulation-exercise-2022-08-06/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement