Senin 08 Aug 2022 06:43 WIB

Cek Pengumuman Seleksi Mandiri dan Prestasi Istimewa UPI, Tahapan Registrasi, dan Biaya Kuliah

Pengumuman dapat dilihat pada 8 Agustus 2022.

Rep: Kampus Republika/ Red: Partner
.
Foto: network /Kampus Republika
.

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) mengumumkan hasil Seleksi Mandiri dan jalur Prestasi Istimewa. Foto : upi
Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) mengumumkan hasil Seleksi Mandiri dan jalur Prestasi Istimewa. Foto : upi

Kampus—Pengumuman hasil Seleksi Mandiri dan jalur Prestasi Istimewa (PI) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dilaksanakan pada Senin 8 Agustus 2022. Peserta dapat melihat hasil seleksi pada laman https://pmb.upi.edu melalui akun pendaftaran masing- masing.

Seleksi Mandiri (SM UPI) tahun 2022 bertujuan untuk memperoleh calon mahasiswa unggul dengan memberi kesempatan kepada masyarakat secara lebih luas untuk menjadi mahasiswa UPI. Seleksi ini dilakukan untuk memfasilitasi masih banyaknya calon mahasiswa yang berpotensi tinggi namun belum dapat lulus pada seleksi SNMPTN dan UTBK-SBMPTN. Peserta yang boleh mengikuti adalah lulusan SMA/MA/SMK/Paket C tahun 2022, 2021, dan 2020. Peserta yang tidak mempunyai nilai UTBK SBMPTN 2022 masih tetap dapat mengikuti seleksi mandiri UPI 2022.

Bentuk seleksinya Tes Psikologis Bidang Minat, Tes Kemampuan Bahasa dan Tes Terpadu dan wawancara. Untuk prodi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (International Program Science Education IPSE) ada tes wawancara dalam Bahasa Inggris. Sedangkan tes Keterampilan Baca Al Qur'an diterapkan bagi yang mengambil prodi Ilmu Pendidikan Agama Islam.

Sedangkan PI bertujuan memberikan penghargaan kepada siswa yang memiliki prestasi istimewa di bidang karya seni atau teknologi monumental. Bisa juga berupa prestasi akademik maupun non-akademik pada kompetisi di tingkat nasional maupun internasional. Melalui seleksi calon mahasiswa baru PI ini diharapkan dapat meningkatkan keunggulan dan prestasi mahasiswa UPI pada tingkat nasional maupun internasional.

Cara Melihat Pengumuman Hasil Seleksi Mandiri UPI

1. Buka laman https://pmb.upi.edu

2. Pilih Cek Kelulusan Jalur Mandiri

3. Isi nomor pendaftaran

4. Klik Cek Kelulusan

5. Hasil pengumuman akan muncul di layar

Berikutnya : Tahapan Registrasi Administrasi dan Akademik Seleksi Mandiri UPI


Tahapan Registrasi Administrasi dan Akademik Seleksi Mandiri UPI

1. Calon Mahasiswa Baru yang diterima melalui Seleksi Mandiri UPI Tahun Akademik 2022/2023 diumumkan pada laman https://pmb.upi.edu melalui akun pendaftaran masing- masing.

2. Mengisi Surat Pernyataan yang tersedia pada laman https://pmb.upi.edu dan mencetak Biodata yang terdapat pada akun pendaftaran masing-masing. Kedua dokumen ini kemudian ditandatangani, dipindai, disatukan dalam satu file (format pdf), dan diunggah secara daring (online) melalui akun pendaftaran masing-masing pada tanggal 09-15 Agustus 2022. Calon mahasiswa diharuskan menyimpan bukti surat pernyataan dan hasil cetak biodata tersebut. Mahasiswa yang tidak mengunggah surat pernyataan dan hasil cetak biodata sampai batas waktu yang telah ditentukan dianggap mengundurkan diri.

3. Selain pemilik Kartu Indonesia Pintar Kuliah, KIP-K, wajib membayar biaya pendidikan sebesar yang tercantum dalam Keputusan Rektor UPI tentang Biaya Pendidikan bagi Mahasiswa Jalur Seleksi Mandiri Tahun Akademik 2022/2023.

4. Informasi tentang Besaran Biaya Pendidikan, Pilihan Bank, dan Virtual Account (VA) untuk setiap Calon Mahasiswa akan disampaikan pada laman https://student.upi.edu/maru/ dengan memasukan Nomor Seleksi masing-masing pada tanggal 16 Agustus 2022. Virtual Account yang didapatkan Calon Mahasiswa berlaku sampai batas waktu 1 x 24 Jam. Jika sampai batas waktu tersebut, biaya pendidikan yang tercantum pada VA belum dibayarkan, calon peserta diharuskan men-generate kembali VA yang baru.

5. Pembayaran biaya pendidikan dilakukan mulai tanggal 16-23 Agustus 2022 dengan mengikuti tatacara pembayaran yang tercantum pada laman https://student.upi.edu/maru/. Calon Mahasiswa diharuskan menyimpan bukti pembayaran dan disimpan oleh masing-masing pembayar. Uang yang telah disetorkan Tidak Dapat Diambil Kembali.

6. Calon Mahasiswa Baru yang memiliki Kartu Pendaftaran KIP- K tidak langsung dinyatakan sebagai penerima KIP-K, tetapi harus melalui tahapan seleksi administrasi dan verifikasi untuk menentukan kelayakan menggunakan KIP-K. Mahasiswa KIP-K akan ditetapkan dengan Keputusan Rektor UPI. Calon Mahasiswa Pelamar KIP-K yang dinyatakan tidak lolos verifikasi, akan menjadi mahasiswa reguler dan diwajibkan membayar dan menyelesaikan biaya pendidikannya.

7. Verifikasi Awal Data Calon Mahasiswa akan dilakukan oleh Petugas Direktorat Pendidikan pada tanggal 24 Agustus 2022 melalui Hasil Unggahan Surat Pernyataan dan Hasil Cetak Biodata dan Laporan Pembayaran Biaya Pendidikan yang diterima dari Direktorat Keuangan UPI.

8. Calon Mahasiswa diwajibkan melakukan lapor diri, yakni hadir secara fisik (luring) di Gedung Direktorat Pendidikan UPI Jl. Dr. Setiabudi 229 Bandung 40154 pada 25-26 Agustus 2022 Pkl. 08.00-16.00 WIB dengan membawa berkas/dokumen sebagai berikut:

a. 1 Lembar Hasil Cetak (Print-Out) Berwarna Kartu Peserta UTBK SM UPI 2022;

b. 1 lembar fotokopi KTP/SIM/Resi Pembuatan KTP, bagi yang sudah berusia 17 tahun;

c. 1 lembar fotokopi Kartu Keluarga, bagi yang belum berusia 17 tahun;

d. 1 lembar salinan/fotokopi Ijazah yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah;

e. 1 berkas fotokopi raport semester 1 sampai 5 yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah; dan

f. 1 lembar fotokopi bukti setor pembayaran biaya Pendidikan bagi Calon Mahasiswa bukan Pemilik Kartu Indonesia Pintar Kuliah, KIP-K.

9. Pengisian Isian Rencana Studi (IRS) atau kontrak mata kuliah dilaksanakan secara daring (online) mulai tanggal 25 sampai 27 Agustus 2022.

10. Akun untuk mengakses IRS dan informasi akademik lainnya dapat diperoleh melalui laman https://student.upi.edu/akun/

Untuk informasi lebih lengkap dapat menghubungi Hot Line/Call Centre Unit Layanan Terpadu UPI pada Nomor WA 08112096229/085156368226.

Berikutnya : Biaya Kuliah Seleksi Mandiri UPI


Biaya Kuliah Seleksi Mandiri UPI

Berikutnya : Biaya Kuliah Jalur Prestasi Istimewa UPI


Berikutnya : Biaya Kuliah Jalur Prestasi Istimewa UPI

Baca juga :

UPI Menerima 4.4741 Mahasiswa Baru di SBMPTN 2022, Simak Prodi Sepi dan Banyak Peminat

Berapa Biaya Kuliah di UPI Jalur SBMPTN 2022? Ini Data Lengkapnya

BRI Buka Beasiswa BRILiaN Scholarship, Sediakan Uang Saku Sampai Kesempatan Jadi Karyawan

Beasiswa Kalla 2022 untuk Mahasiswa Baru di 20 PTN, Yuk Daftar

Universitas Pertamina Tawarkan Beasiswa Patriot, Gratis SPP sampai Biaya Asrama

Mau Berburu Beasiswa Tahun 2022 ? Ini Linknya

Ini Beasiswa S-1 Dalam dan Luar Negeri, Deadline Juni Sampai Agustus 2022, Yuk Merapat

Ikuti informasi penting dari kampus.republika.co.id. Silakan memberi masukan, kritik, dan saran melalui e-mail : kampus.republika@gmail.

Advertisement