Senin 08 Aug 2022 09:29 WIB

Cerita Anies Suka Memelihara Burung Sejak SD

Anies memiliki belasan burung kicau di rumahnya di Jakarta Selatan.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Erik Purnama Putra
Gubernur DKI Anies Rasyid Baswedan mendatangi lokasi lomba kicau burung Piala Gubernur di Lapangan Banten, Jakarta Pusat, Ahad (7/8/2022).
Foto: @aniesbaswedan
Gubernur DKI Anies Rasyid Baswedan mendatangi lokasi lomba kicau burung Piala Gubernur di Lapangan Banten, Jakarta Pusat, Ahad (7/8/2022).

REPUBLIKA.CO.ID JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan bercerita mengenai dirinya yang hobi memelihara burung. Menurut dia, ada belasan burung kicau di rumahnya, kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, selain dari beberapa lain di kantornya di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat.

"Dulu waktu kecil saya janji, mudah-mudahan suatu saat bisa punya murai dan cucakrowo," kata Anies kepada awak media di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Ahad (7/8/2022).

Baca: Bertemu di Pernikahan Putri Anies, Surya Paloh Puji AHY Ganteng Sekali

Dia menuturkan, saat duduk di bangku sekolah dasar (SD), sudah memiliki hobi memelihara burung kicau dari Pasar Ngasem di Yogyakarta atau pasar burung dekat Borobudur saat itu. Namun demikian, Anies mengaku, hanya bisa memelihara burung yang mampu dibeli, seperti jalak dan burung-burung sejenis lainnya.

"Kalau burung murai, cucakrowo itu burung impian. Alhamdulillah, sekarang saya punya burung murai batu, cucarowo, cucaijo, dan anis merah dan burung-burung kecil lainnya," kata mantan rektor Universitas Paramadina itu.

Baca: Jokowi, SBY, Prabowo, JK, hingga Surya Paloh Datang ke Nikahan Putri Anies Baswedan

Menurut dia, total burung peliharaan di rumahnya saat ini ada sekitar 12 burung. Selain itu, dari beberapa burung lainnya di Balai Kota DKI, kantornya saat ini. 

Saat mengunjungi lomba kicau burung di Lapangan Banteng untuk pra Piala Gubernur, Anies berpesan agar komunitas pecinta burung kicau bisa terus berkembang. Bukan hanya dari segi kecintaan, tetapi bagi ekonomi sekitar.

"Di balik kompetisi ini, ada pergerakan ekonomi yang sangat besar dan datang dari mana-mana. Jadi, hotel-hotel di sini juga penuh dengan peserta yang ikut di sini," jelas Anies.

Baca: Deretan Ulama Besar Hadir di Akad Nikah Putri Anies, Mulai Quraish Shihab Sampai UAH

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement