Wednesday, 9 Rabiul Awwal 1444 / 05 October 2022

Wednesday, 9 Rabiul Awwal 1444 / 05 October 2022

9 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Ilmuwan Minta Maaf karena Unggah Lelucon Foto Luar Angkasa Palsu

Senin 08 Aug 2022 06:14 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Christiyaningsih

Ilmuwan Prancis Etienne Klein unggah foto sosis chorizo tapi diklaim sebagai gambar bintang yang diambil dengan teleskop James Webb.

Ilmuwan Prancis Etienne Klein unggah foto sosis chorizo tapi diklaim sebagai gambar bintang yang diambil dengan teleskop James Webb.

Foto: Twitter Etienne Klein
Ilmuwan menjebak penggemar teleskop James Webb dengan foto sosis chorizo

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS — Teleskop Luar Angkasa James Webb (JWST) baru-baru ini menjadi subjek lelucon yang tidak terlalu menarik. Pada 31 Juli, Étienne Klein, Direktur dari Energi Alternatif dan Komisi Energi Atom Prancis, membagikan gambar yang diklaimnya diambil oleh JWST dari Proxima Centauri, bintang terdekat yang diketahui dari matahari.

“Itu diambil oleh Teleskop Luar Angkasa James Webb,” kata Klein kepada lebih dari 91 ribu pengikut Twitternya dilansir Engadget, Ahad (7/8/2022).

Baca Juga

“Tingkat detail ini ... Dunia baru dibuka setiap hari,” cuitnya.

Unggahan itu menarik komentar ribuan orang dan diretweet belasan ribu kali. Beberapa hari kemudian, Klein mengakui bahwa apa yang dia bagikan sebenarnya adalah foto sepotong chorizo dengan latar belakang hitam.

“Mengingat komentar tertentu, saya merasa berkewajiban untuk menentukan bahwa tweet ini menunjukkan gambar yang diduga Proxima Centauri adalah lelucon. Mari belajar untuk waspada terhadap argumen dari posisi otoritas sebanyak kefasihan spontan gambar tertentu," kata Klein.

Dia kemudian meminta maaf atas lelucon tersebut dan mengatakan kepada outlet berita Prancis Le Point (via Vice) bahwa ia memasang gambar tersebut untuk mendidik publik tentang ancaman berita palsu.

“Saya juga berpikir bahwa jika saya tidak mengatakan itu adalah foto James Webb, itu tidak akan begitu sukses,” katanya.

Setelah semuanya dikatakan dan dilakukan, Klein membagikan gambar terbaru yang diambil JWST dari galaksi Cartwheel. Kali ini dia dengan cepat meyakinkan pengikutnya bahwa foto itu asli.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile