Senin 08 Aug 2022 13:30 WIB

Baidu Kantongi Lisensi Robotaxi tanpa Pengemudi Pertama di China

Baidu akan mengerahkan lima robotaxi berbayar, beroperasi mulai pukul 09.00.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Friska Yolandha
Baidu Apollo Robotaxis melewati tempat penjemputan penumpang di Shougang Park di Beijing, Ahad (2/5).. Raksasa teknologi China Baidu meluncurkan layanan taksi tanpa pengemudi berbayar pada hari Ahad, menjadikannya perusahaan pertama yang mengkomersialkan operasi mengemudi otonom di China .
Foto: AP / Andy Wong
Baidu Apollo Robotaxis melewati tempat penjemputan penumpang di Shougang Park di Beijing, Ahad (2/5).. Raksasa teknologi China Baidu meluncurkan layanan taksi tanpa pengemudi berbayar pada hari Ahad, menjadikannya perusahaan pertama yang mengkomersialkan operasi mengemudi otonom di China .

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Raksasa mesin pencari China, Baidu Inc, mengatakan pada  Senin (8/8/2022) bahwa pihaknya telah memperoleh izin untuk mengoperasikan layanan robotaxi tanpa pengemudi sepenuhnya di jalan terbuka dari dua kota di China. Ini merupakan yang pertama dari jenisnya di negara itu.

Izin, yang diberikan oleh kotamadya barat daya Chongqing dan pusat kota Wuhan, memungkinkan robotaxi komersial menawarkan tumpangan kepada publik tanpa pengemudi keselamatan manusia di dalam mobil. Mereka mulai berlaku pada Senin (8/8/2022).

Baca Juga

Baidu mengatakan mereka menandai “titik balik” dalam pembuatan kebijakan China menuju mengemudi otonom. “Izin-izin ini memiliki arti penting yang mendalam bagi industri ini,” kata Wei Dong, chief safety operation officer dari Baidu's Intelligent Driving Group, kepada Reuters dalam sebuah wawancara. 

“Jika kita memikirkan eksplorasi ruang angkasa, momen ini sama dengan pendaratan di bulan.”

Dilansir dari Reuters, Senin (8/8/2022), pada awalnya, Baidu akan mengerahkan lima robotaxi berbayar di setiap kota, di mana mereka akan diizinkan untuk beroperasi di area yang ditentukan mulai pukul 09.00 hingga pukul 17.00 di Wuhan dan pukul 09.30 hingga pukul 16.30 di Chongqing, kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

Area layanan mencakup 30 km persegi (11,58 mil persegi) di Distrik Yongchuan Chongqing dan 13 km persegi di Zona Pengembangan Ekonomi & Teknologi Wuhan.

Pada April, Pony.ai Apollo dan Toyota Motor Corp yang didukung Baidu mengatakan bahwa mereka menerima izin di Beijing untuk menyebarkan robotaxi tanpa pengemudi keselamatan di kursi pengemudi di jalan terbuka dalam area 60 km persegi. Tetapi izin Beijing masih mengharuskan mereka untuk memiliki pengemudi keselamatan di kursi penumpang. Layanan ini telah dimulai.

Baidu juga sedang dalam pembicaraan dengan pemerintah daerah di Beijing, Shanghai dan Shenzhen, untuk mendapatkan lisensi dalam waktu satu tahun untuk menguji robotaxi sepenuhnya tanpa pengemudi dan tidak berbayar di kota-kota tersebut, menurut Wei. Upaya China untuk mempercepat uji coba dan izin kendaraan otonom datang ketika regulator Amerika Serikat (AS) juga mendorong kebijakan mengemudi otonom yang menetapkan tonggak sejarah.

Pada Januari, perusahaan self-driving Cruise menerima izin dari California Public Utilities Commission yang memungkinkannya untuk menawarkan tumpangan berbayar dan sepenuhnya tanpa pengemudi mulai pukul 22.00 sampai pukul 06.00 di jalan-jalan tertentu di San Francisco.

Apollo Go, layanan robotaxi Baidu, telah mengoperasikan lebih dari 1 juta perjalanan di 10 kota di China sejak diluncurkan pada 2020. Baidu belum melaporkan masalah apa pun dengan layanan tersebut dan belum memberikan rincian berapa banyak yang telah diinvestasikan dalam proyek tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement