Senin 08 Aug 2022 15:57 WIB

Roket Bulan Artemis 1 NASA akan Diluncurkan 18 Agustus

Peluncuran Artemis 1 telah memakan persiapan selama lebih dari satu dekade

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Christiyaningsih
Roket NASA Artemis dengan pesawat ruang angkasa Orion meninggalkan Gedung Perakitan Kendaraan bergerak perlahan ke landasan 39B di Pusat Antariksa Kennedy, Senin, 6 Juni 2022, di Cape Canaveral, Florida.
Foto: AP/John Raoux
Roket NASA Artemis dengan pesawat ruang angkasa Orion meninggalkan Gedung Perakitan Kendaraan bergerak perlahan ke landasan 39B di Pusat Antariksa Kennedy, Senin, 6 Juni 2022, di Cape Canaveral, Florida.

REPUBLIKA.CO.ID, HOUSTON — Tumpukan Artemis 1 (megaroket Space Launch System (SLS) dan pesawat ruang angkasa Orion) akan menempuh perjalanan sekitar 4 mil (6,4 km) dari Kennedy Space Center’s Vehicle Assembly Building ke Launch Complex 39B pada 18 Agustus. Hal ini diungkapkan Badan Antariksa Amerika (NASA) pada Jumat (5/8/2022).

Peluncuran ini akan membuat Artemis 1 tetap pada jalurnya untuk diluncurkan dalam perjalanan tanpa awak selama berminggu-minggu mengelilingi bulan tidak lebih awal dari 29 Agustus. Dilansir Space pada Ahad (7/8/2022), Artemis 1 akan menempatkan megaroket Space Launch System (SLS) dan pesawat ruang angkasa Orion melalui langkah mereka untuk memastikan keandalan sebelum astronaut melakukan perjalanan serupa beberapa tahun dari sekarang yang beberapa berhasil mencapai permukaan bulan, jika rencana NASA terwujud membuahkan hasil.

Baca Juga

Peluncuran yang akan datang mengikuti sertifikasi sistem yang intens dan lebih dari satu dekade perencanaan. “Tim kami telah bekerja sangat keras untuk waktu yang sangat, sangat lama untuk mencapai titik ini,” kata Rick LaBrode, direktur penerbangan Artemis 1 di NASA’s Johnson Space Center (JSC) di Houston, dalam briefing streaming langsung Jumat (5/8/2022). Misi itu menurutnya sangat istimewa dan mereka sangat bersemangat.

Artemis 1 akan menandai peluncuran pertama untuk SLS dan yang kedua untuk Orion, yang pergi ke orbit Bumi pada 2014. Jika semuanya berjalan sesuai rencana pada 29 Agustus, SLS akan menderu melalui atmosfer untuk mencapai orbit di hanya 8,5 menit. Tahap atas roket besar kemudian akan menyebarkan Orion ke orbit injeksi translunar sekitar 80 hingga 90 menit setelah lepas landas.

Tonggak tersebut akan memulai 42 hari penuh akses di luar angkasa untuk Orion, dengan asumsi lepas landas terjadi pada 29 Agustus. Waktu misi dapat sedikit berubah tergantung pada tanggal peluncuran.

“Benar-benar tidak ada waktu untuk mengatur napas. Kami benar-benar mulai bekerja,” kata Judd Frieling, direktur penerbangan pendakian dan entri Artemis 1 di JSC.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement