Friday, 15 Jumadil Awwal 1444 / 09 December 2022

Friday, 15 Jumadil Awwal 1444 / 09 December 2022

15 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Satu-Satunya Obat untuk Cacar Monyet Susah Diakses di AS, 7.000 Pasien Membutuhkannya

Senin 08 Aug 2022 14:14 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda

Seorang ahli farmasi memegang satu boks kapsul obat antivirus Tecovirimat yang dipakai untuk mengobati smallpox (cacar) di Zuckerberg San Francisco General Hospital, San Francisco, AS, Jumat, 29 Juli 2022.

Seorang ahli farmasi memegang satu boks kapsul obat antivirus Tecovirimat yang dipakai untuk mengobati smallpox (cacar) di Zuckerberg San Francisco General Hospital, San Francisco, AS, Jumat, 29 Juli 2022.

Foto: Lea Suzuki/San Francisco Chronicle via AP
Langkah birokrasi yang berbelit membuat pasien tak bisa dapat obat cacar monyet.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tecovirimat atau Tpoxx merupakan satu-satunya obat yang tersedia untuk menyembuhkan cacar monyet di Amerika Serikat (AS). Akan tetapi, para dokter di AS mengalami kesulitan untuk mengakses obat tersebut, meski ada hampir 7.000 pasien yang saat ini membutuhkannya.

Otoritas kesehatan AS mengungkapkan bahwa Tpoxx merupakan "obat investigasi". Hal ini membuat Tpoxx tak bisa diambil dari Strategic National Stockpile AS tanpa serangkaian langkah birokrasi yang berbelit.

Baca Juga

Untuk bisa memberikan obat Tpoxx kepada pasien, dokter harus mengisi formulir aplikasi sebanyak 27 halaman atau menyediakan informasi pasien yang terperinci. Banyak dokter di AS yang tak memiliki cukup waktu untuk memenuhi persyaratan panjang tersebut.

Food and Drug Administration (FDA) pertama kali memberikan izin untuk tecovirimat sebagai obat cacar (smallpox) pada 2018. Izin ini diberikan berdasarkan data keamanan pada manusia dan data efikasi pada primata yang untuk tujuan uji klinis sengaja diinfeksi dengan virus monkeypox, yakni virus penyebab cacar monyet.

Virus monkeypox dan virus penyebab acar berasal dari famili yang sama. Vaksin untuk cacar (smallpox) diketahui efektif dalam mencegah cacar dan juga cacar monyet.

Sebelum wabah cacar monyet terjadi, tecovirimat sangat jarang diberikan kepada pasien cacar monyet. Karena izin yang diberikan untuk pengobatan cacar, pemberian tecovirimat untuk kasus cacar monyet masih dianggap sebagai percobaan.

Rumitnya birokrasi untuk mendapatkan obat Tpoxx dinilai sangat menyultikan. Terlebih, wabah cacar monyet saat ini sedang melanda AS.

"Birokrasi untuk mendapatkan akses ke Tpoxx sangat berlebihan, mengingat krisis yang dihadapi AS akibat cacar monyet," jelas ahli hukum kesehatan masyarakat dan direktur O'Neill Institute for National and Global Health Law di Georgetown University, Larry O Gostin, seperti dilansir New York Times, Senin (8/8/2022).

Di sisi lain, pemerintah AS juga memiliki alasan untuk mengategorikan Tpoxx sebagai obat investigasi. Mengacu pada artikel dalam New England Journal of Medicine, data pengetesan Tpoxx pada hewan memang menunjukkan hasil yang menjanjikan. Obat ini juga tampak aman pada pasien yang sehat.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile