Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Jogja Terkini

Gelaran Jogja Carnival 2023 Dukung Peningkatan Kunjungan Wisatawan Di Yogyakarta

Wisata | Monday, 08 Aug 2022, 17:33 WIB
Ketua Yasasan Jogja Carnival Istimewa, Ir. M. Arif Effendi (dok.Pribadi)

Yogyakarta - Memasuki semester kedua tahun 2022 ini, perkembangan wisata di Yogyakarta sudah kembali terlihat merangkak naik setelah dua tahun terpuruk akibat hantaman badai panemi covid-19.

Hal ini bisa dibuktikan dengan naiknya tingkat hunian hotel dan penginapan di Yogyakarta menjelang liburan akhir minggu serta kepadatan transportasi dan kunjungan wisatawan di destinasi wisata utama di wilayah Yogyakarta.

Berbagai stategi dan cara ditempuh pemangku kebijakan dan stake holder baik dari pemerintah daerah setempat maupun pihak swasta yang berkaitan dengan dunia kepariwisataan untuk dapat meningkatkan kunjungan wisatawan di Yogyakarta agar pemulihan ekonomi sektor pariwisata dan turunannya pasca pandemi segera terwujud.

Salah satu wujudnya adalah dengan membuat satu event yang dipastikan dapat berdampak signifikan dengan tingkat kunjungan wisatawan dan menjadi kalender tetap event tahunan bagi wisatawan di Yogyakarta yaitu “Jogja Carnival 2023.”

Gelaran Jogja Carnival itu sendiri lahir dari gagasan Yayasan Jogja Carnival Istimewa yang dibentuk dengan tujuan untuk dapat mengangkat dan membranding DIY di bidang Kepariwisataan secara kolaborasi dan kebersamaan dengan berbagai stake holder yang memiliki kepedulian dalam hal kepariwisataan DIY.

Ketua Yasasan Jogja Carnival Istimewa, Ir. M. Arif Effendi saat ditemui di Royal Malioboro Hotel pada Minggu (07/08/2022) sore menjelaskan bahwa KADIN DIY khususnya bidang Pariwisata sedang mendorong percepatan pemulihan ekonomi melalui gerakan transformasi digital “Tourism First”, jelasnya.

Arif yang juga selaku Wakil Ketua Umum KADIN DIY Bidang Pariwisata menambahkan “dalam rangka mendorong gerakan Tourism First ini KADIN DIY didukung seluruh ekosistem pariwisata DIY akan mengadakan event tahunan dengan nama Jogja Carnival, pada Bulan Agustus tahun 2023 mendatang, sebulan penuh,” tambahnya.

“Ada dua acara inti di Jogja Carnival 2023 yaitu ada Atraksi dan Transaksi, kalo dijabarkan atraksi itu banyak ada pameran, sport tourism, pertunjukan wisata, budaya, kesenian dan lain – lain di seluruh DIY yang diadakan selama bulan Agustus 2023, sebulan penuh,’ tuturnya.

“Transaksi ini salah satu yang cukup menarik wisatawan untuk bisa datang ke Jogja, banyak diskon yang diberikan kepada wisatawan selama sebulan penuh di bulan Agustus 2023 itu, seperti diskon akomodasi baik hotel, penginapan, homestay dan lain - lain,” paparnya.

“Ada juga diskon transportasi pesawat terbang dan angkutan darat, diskon restoran, berbagai merchan dan juga produk produk UKM DIY, ini semua nanti bisa di download melalui aplikasi Jogja Carnival,” imbuhnya.

Arif juga menuturkan bahwa gelaran Jogja Carnival 2023 mendatang ini sudah mendapat dukungan penuh pemda DIY dan OPD terkait untuk bisa dijadikan kalender event tahunan tetap pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta dan diharapkan mampu mendukung peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke Yogyakarta, harapnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image