Selasa 09 Aug 2022 08:08 WIB

Prangko Hybrid Karya Bangsa Dipamerkan di World Stamp Championship Indonesia 2022

Prangko unik ini menggunakan teknik pencetakan multiwarna.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Ketua Perkumpulan Filatelis Indonesia (PFI), Fadli Zon mengunjungi booth Peruri melihat-lihat Prangko Hybrid Augmented Reality.
Foto: Dok. Bumn
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Ketua Perkumpulan Filatelis Indonesia (PFI), Fadli Zon mengunjungi booth Peruri melihat-lihat Prangko Hybrid Augmented Reality.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perum Peruri menampilkan prangko unik bergambar tiga dimensi (3D) dalam kompetisi dan pameran filateli dunia 'World Stamp Championship Indonesia 2022' di JI Expo Kemayoran, Jakarta Pusat. Dilansir dari Antara, Selasa (9/8/2022), pameran bertaraf internasional yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Filatelis Indonesia (PFI) ini diikuti oleh 61 negara untuk memperebutkan penghargaan atas koleksi prangko dan benda filateli lainnya.

"Peruri sebagai BUMN pencetak prangko turut berpartisipasi dalam kegiatan itu," kata Direktur Utama Peruri, Dwina Septiani Wijaya.

Baca Juga

Hingga saat ini, Peruri telah mencetak berbagai jenis seri prangko yang memiliki fungsi sebagai bukti pelunasan biaya pengiriman dokumen maupun sebagai sarana promosi.

"Sebagai perusahaan pencetak dokumen sekuriti, salah satunya prangko, Peruri selalu melakukan 'improve' kualitas prangko, baik dari teknik pencetakan yang dilakukan, fitur-fitur sekuriti yang disematkan maupun pemanfaatan teknologi digital," kata dia.

Dwina menjelaskan, sejumlah seri prangko telah dicetak Peruri pada momen-momen tertentu. Misalnya, Prangko Seri Sirkuit Mandalika maupun Prangko Istimewa 50 Tahun Peruri. Pada 'World Stamp Championship Indonesia 2022', Peruri menampilkan prangko unik, yaitu menggunakan teknik pencetakan multiwarna.

Berbeda dengan prangko pada umumnya yang menggunakan teknik pencetakan separasi, prangko istimewa dengan tema '50 Tahun Peruri' menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) yang dapat menampilkan gambar 3D jika dipindai menggunakan aplikasi khusus, yaitu AR Prangko 50th Peruri.

Selain menampilkan objek tiga dimensi, juga terdapat cerita tentang sejarah, permesinan dan produk-produk Peruri yang menarik untuk disimak. Pada bagian sampul juga terdapat QR Code yang merupakan bagian dari produk Peruri Tera. Peruri Tera merupakan stempel digital Peruri yang terdiri dari QR Code dan dapat menampung data hingga empat ribu karakter. Teknologi-teknologi digital seperti ini merupakan salah satu bentuk dari pengembangan produk hibrid yang dimiliki Peruri.

Tidak hanya prangko, dalam pameran filateli kali ini Peruri juga menampilkan produk logam non uang berupa commemorative coin. Commemorative coin dicetak oleh Peruri untuk menampilkan sisi eksklusivitas dari produk logam non uang yang memiliki tema tertentu yang disesuaikan dengan fungsi karakter dan pesan yang ingin disampaikan oleh pemesan.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
مَا تَعْبُدُوْنَ مِنْ دُوْنِهٖٓ اِلَّآ اَسْمَاۤءً سَمَّيْتُمُوْهَآ اَنْتُمْ وَاٰبَاۤؤُكُمْ مَّآ اَنْزَلَ اللّٰهُ بِهَا مِنْ سُلْطٰنٍۗ اِنِ الْحُكْمُ اِلَّا لِلّٰهِ ۗاَمَرَ اَلَّا تَعْبُدُوْٓا اِلَّآ اِيَّاهُ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ وَلٰكِنَّ اَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُوْنَ
Apa yang kamu sembah selain Dia, hanyalah nama-nama yang kamu buat-buat baik oleh kamu sendiri maupun oleh nenek moyangmu. Allah tidak menurunkan suatu keterangan pun tentang hal (nama-nama) itu. Keputusan itu hanyalah milik Allah. Dia telah memerintahkan agar kamu tidak menyembah selain Dia. Itulah agama yang lurus, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.

(QS. Yusuf ayat 40)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement