Tuesday, 1 Rabiul Awwal 1444 / 27 September 2022

Tuesday, 1 Rabiul Awwal 1444 / 27 September 2022

 

1 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Zulkifli Hasan Dorong Sinergi Saat Buka Rakernas Apeksi XV

Selasa 09 Aug 2022 04:21 WIB

Red: Christiyaningsih

Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas Apeksi) ke-XV di Kota Padang resmi dibuka oleh Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan di Hotel Truntum, Padang, Senin (8/8/2022).

Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas Apeksi) ke-XV di Kota Padang resmi dibuka oleh Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan di Hotel Truntum, Padang, Senin (8/8/2022).

Foto: Pemprov Sumbar
Zulkifli Hasan mengajak wali kota se-Indonesia bersinergi memajukan Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG - Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas Apeksi) ke-XV di Kota Padang resmi dibuka oleh Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan di Hotel Truntum, Padang, Senin (8/8/2022). Rakernas tahun ini digelar dengan tema Kota Kita Bangkit yang Maju dan Bersinergi.

 

Pembukaan rapat yang diikuti seluruh wali kota se-Indonesia tersebut ditandai dengan pemukulan gendang oleh Mendag Zulkifli Hasan bersama Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Buya Mahyeldi, Ketua Apeksi yang juga Wali Kota Bogor Bima Arya dan Wali Kota Padang Hendri Septa.

Baca Juga

Dalam pidato pembukaannya, menteri yang sering disapa Bang Zulhas ini mengajak seluruh wali kota untuk saling bersinergi dan berkolaborasi khususnya dibidang perdagangan. "Keadaan pangan sangat menentukan stabilitas negeri kita. Wali kota harus memantau terus. Peran wali kota sangat menentukan, khususnya dalam menjaga pertumbuhan ekonomi dan surplus perdagangan," ujar Zulhas.

"Dengan sinergi dan kolaborasi seluruh wali kota, Insya Allah Indonesia akan mampu bangkit dan maju sesuai tema kemerdekaan RI tahun ini. Poin penting yang harus dilakukan di antaranya adalah optimalisasi transformasi digital serta peningkatan ekspor. Saatnya go internasional. Kami di kementerian bikin jalan tolnya, daerah serbu pasar internasional," harap Zulhas.

photo
Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Buya Mahyeldi. - (Pemprov Sumbar)
Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi menyambut baik harapan menteri untuk menjalin sinergi dan kerja sama sesama pemerintah daerah dan membidik pasar perdagangan ekspor. "Saatnya Indonesia tampil lebih baik lagi secara internasional karena kita memang punya potensi besar, seperti produksi pertanian. Indonesia harus jadi pengendali. Dengan kekuatan bersama kota dan kabupaten, kami yakin Indonesia bisa tampil lebih baik," kata gubernur.

"Dengan bersinergi, kerja sama, kita akan saling melengkapi kekurangan dan kebutuhan masing-masing, menemukan solusi dari permasalahan permasalahan dengan lebih cepat dan mudah," tambah gubernur.

Terakhir, gubernur menyampaikan apresiasi kepada Dewan Pengurus Apeksi yang telah menunjuk Kota Padang sebagai tuan rumah pelaksanaan rakernas dan Indonesia City Expo Tahun 2022. Gubernur berharap kegiatan ini mampu memberikan kontribusi secara optimal bagi Pembangunan Daerah dan Otonomi Daerah di Indonesia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile