Rabu 10 Aug 2022 03:45 WIB

Rasakan Gejala Ini Setiap Bangun Pagi Bisa Jadi Tanda Kanker Darah

Kanker darah dapat memunculkan gejala yang terasa di pagi hari setelah bangun tidur.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Bangun tidur (ilustrasi). Merasa lelah saat bangun pagi bisa menjadi gejala kanker darah alias leukemia.
Foto: Pixabay
Bangun tidur (ilustrasi). Merasa lelah saat bangun pagi bisa menjadi gejala kanker darah alias leukemia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sel kanker dapat tumbuh di bagian tubuh mana pun, yang berarti gejala kanker sangat luas. Gejalanya mungkin berbeda tetapi sarannya sama, yakni bertindak segera atas perubahan abnormal apapun. Terkait hal itu, menarik untuk membahas gejala kanker yang mungkin muncul di pagi hari.

Menurut University of California San Francisco Health (UCSF), kelelahan yang tak hilang dengan tidur malam bisa mengindikasikan leukimia atau kanker sel darah putih. Kelelahan sangat umum terjadi pada penderita kanker. Ini bisa menjadi gejala yang paling mengganggu.

Baca Juga

"Kelelahan terkait kanker dapat memengaruhi Anda secara fisik, emosional, dan mental. Berapa lama itu berlangsung, tingkat keparahan, dan seberapa sering Anda mungkin mengalaminya berbeda dari orang ke orang," jelas Cancer Research UK, seperti dilansir laman Express, Selasa (9/8/2022).

Menurut layanan kesehatan nasional Inggris (NHS), tanda-tanda lain dari leukemia meliputi:

- tampak pucat

- sesak napas

- sering infeksi

- memar atau pendarahan yang tidak biasa dan sering, seperti gusi berdarah atau mimisan

- berat badan turun tanpa berusaha.

Jika Anda mengalami beberapa gejala tersebut segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan tes atau pemeriksaan lebih lanjut. Meskipun bisa jadi bukan leukemia penyebabnya, gejala-gejala ini harus diselidiki, menurut NHS.

Sejauh ini, tidak jelas apa yang menyebabkan leukemia dan dalam banyak kasus tidak ada penyebab yang dapat diidentifikasi. Namun, beberapa faktor risiko dapat meningkatkan risiko Anda terkena leukemia dan mereka berbeda tergantung pada variasi yang Anda miliki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement