Selasa 09 Aug 2022 16:45 WIB

BPOLBF Fasilitasi Pertemuan  Bisnis Guna Perluas Pasar Kopi Manggarai

Ini diharapkan mendorong petani menghasilkan kopi berkualitas dan berkelanjutan.

Red: Fuji Pratiwi
Seorang penjual Kopi Flores Bajawa merapikan kemasan kopi yang dipajang dalam acara Festival Kopi NTT di Kupang, NTT Sabtu, (30/3/2019) malam. Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) telah memfasilitasi pertemuan bisnis (bussiness matching) antara penjual dan pembeli untuk memperluas pasar kopi spesialti Manggarai, NTT.
Foto: Antara/Kornelis Kaha
Seorang penjual Kopi Flores Bajawa merapikan kemasan kopi yang dipajang dalam acara Festival Kopi NTT di Kupang, NTT Sabtu, (30/3/2019) malam. Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) telah memfasilitasi pertemuan bisnis (bussiness matching) antara penjual dan pembeli untuk memperluas pasar kopi spesialti Manggarai, NTT.

REPUBLIKA.CO.ID, LABUAN BAJO -- Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) telah memfasilitasi pertemuan bisnis (bussiness matching) antara penjual dan pembeli untuk memperluas pasar kopi spesialti Manggarai, NTT.

"Semoga bussiness matching itu dapat menjadi dorongan bagi petani kopi untuk menghasilkan produk yang berkualitas dan berkelanjutan," kata Direktur Utama BPOLBF Shana Fatina.

Baca Juga

Bussiness matching Kopi Manggarai merupakan kegiatan untuk mempertemukan calon pembeli dan penjual. Lewat sebuah pertemuan bisnis itu, para pemangku kepentingan bisa memproyeksikan pasar kopi ke depan. Selain itu, petani kopi dan penjual akan terdorong untuk memerhatikan kuantitas dan kualitas kopi sehingga konsisten dalam memproduksi kopi Manggarai yang bernilai tinggi.

BPOLBF telah memfasilitasi pertemuan bisnis antara pengusaha dan petani kopi Manggarai di Ruteng pada 2 Agustus lalu. Dalam kegiatan itu, para penjual tergabung dalam Kelompok Tani Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis-Kopi Arabika Flores Manggarai/Kopi Robusta Flores Manggarai (MPIG-KAFM/KRFM). Mereka menyediakan stock spesialty arabika dan fine robusta. Sedangkan para pembeli berasal dari kalangan pengusaha roaster, kafe, pedagang, perantara dan eksportir serta investor lain yang berkeinginan melakukan investasi di bidang kopi.

Shana berharap baik para petani dan pemangku kepentingan dapat menyiapkan produksi kopi yang konsisten sehingga bisa semakin memperluas dan memperkuat kopi spesialti Manggarai. "Yang kita lakukan ini tentunya untuk memperkenalkan kopi Manggarai secara layak kepada pasar yang lebih luas," ungkap Shana.

Dalam pertemuan bisnis terkait Kopi spesialti Manggarai, penjual dan pemberi berinteraksi lalu bernegosiasi dan memulai kesepakatan. Data milik BPOLBF mencatat hasil lelang Kopi Petani Arabika MPIG Flores Manggarai sebanyak 1,75 ton kopi terjual dengan nilai penjualan sebesar Rp 133,5 juta.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
سَيَقُوْلُ الْمُخَلَّفُوْنَ اِذَا انْطَلَقْتُمْ اِلٰى مَغَانِمَ لِتَأْخُذُوْهَا ذَرُوْنَا نَتَّبِعْكُمْ ۚ يُرِيْدُوْنَ اَنْ يُّبَدِّلُوْا كَلٰمَ اللّٰهِ ۗ قُلْ لَّنْ تَتَّبِعُوْنَا كَذٰلِكُمْ قَالَ اللّٰهُ مِنْ قَبْلُ ۖفَسَيَقُوْلُوْنَ بَلْ تَحْسُدُوْنَنَا ۗ بَلْ كَانُوْا لَا يَفْقَهُوْنَ اِلَّا قَلِيْلًا
Apabila kamu berangkat untuk mengambil barang rampasan, orang-orang Badui yang tertinggal itu akan berkata, “Biarkanlah kami mengikuti kamu.” Mereka hendak mengubah janji Allah. Katakanlah, “Kamu sekali-kali tidak (boleh) mengikuti kami. Demikianlah yang telah ditetapkan Allah sejak semula.” Maka mereka akan berkata, “Sebenarnya kamu dengki kepada kami.” Padahal mereka tidak mengerti melainkan sedikit sekali.

(QS. Al-Fath ayat 15)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement