Selasa 09 Aug 2022 15:10 WIB

Menlu Taiwan: Latihan China Pedoman untuk Invasi

Taiwan tidak akan terintimidasi dengan latihan militer China.

Rep: Lintar Satria/ Red: Friska Yolandha
Dalam gambar yang diambil dari video dan dirilis oleh Kantor Berita Xinhua China, sebuah pesawat militer China terbang selama latihan korps angkatan udara Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA), Jumat, 5 Agustus 2022 China melakukan
Foto: Xinhua via AP
Dalam gambar yang diambil dari video dan dirilis oleh Kantor Berita Xinhua China, sebuah pesawat militer China terbang selama latihan korps angkatan udara Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA), Jumat, 5 Agustus 2022 China melakukan

REPUBLIKA.CO.ID, TAIPEI -- Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu mengatakan China menggunakan latihan militer yang digelar sebagai protes kunjungan ketua House of Representative Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi sebagai pedoman persiapan invasi. Ia tidak menjelaskan kerangka waktu kemungkinan invasi.

"China gunakan latihan sebagai pedoman militer untuk persiapan invasi Taiwan," kata Wu dalam konferensi pers di Taipei, Selasa (9/8/2022).

Baca Juga

"Latihan militer skala besar dan peluncuran roket, serta serangan siber, disinformasi dan koersi ekonomi, merupakan upaya memperlemah moral masyarakat Taiwan.

"Setelah latihan selesai, China mungkin mencoba melakukan aksinya dengan rutin untuk merusak status quo di seluruh Selat Taiwan dalam jangka panjang," tambah Wu.

Ia mengatakan Taiwan tidak akan terintimidasi dengan latihan militer China. Walaupun Beijing telah melewati garis perbatasan tak resmi di Selat Taiwan.

Wu mengatakan langkah China mengancam keamanan kawasan dan menunjukkan dengan jelas "ambisi geostrategis China di luar Taiwan." Ia meminta dukungan internasional untuk mencegah China menguasai Selat Taiwan.

Pada Senin (8/8/2022) pejabat Pentagon mengatakan Washington mempertahankan asesmen China tidak akan menginvasi Taiwan selama dua tahun ke depan. Sebelumnya dilaporkan China melanjutkan latihan militernya sekitar Taiwan.

Latihan militer di laut dan udara di sekeliling Taiwan ini dijadwalkan berakhir Ahad (6/8/2022) lalu. Tapi pada Senin Komando Teater Timur China mengatakan melanjutkan latihan tersebut.

Mereka akan latihan gabungan itu fokus pada operasi anti-kapal selam dan serangan laut. Pengumuman ini mengkonfirmasi kekhawatiran pengamat keamanan dan diplomat bahwa Beijing akan melanjutkan tekanannya pada pertahanan Taiwan.

Kunjungan Pelosi membuat China yang mengklaim Taiwan bagian dari wilayahnya geram. Beijing merespon kunjungan tersebut dengan meluncurkan rudal balistik di Taiwan.

China juga memutuskan sejumlah saluran dialog dengan Washington. Durasi dan lokasi latihan militer China yang terbaru belum diketahui. 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَالَّذِيْنَ تَبَوَّءُو الدَّارَ وَالْاِيْمَانَ مِنْ قَبْلِهِمْ يُحِبُّوْنَ مَنْ هَاجَرَ اِلَيْهِمْ وَلَا يَجِدُوْنَ فِيْ صُدُوْرِهِمْ حَاجَةً مِّمَّآ اُوْتُوْا وَيُؤْثِرُوْنَ عَلٰٓى اَنْفُسِهِمْ وَلَوْ كَانَ بِهِمْ خَصَاصَةٌ ۗوَمَنْ يُّوْقَ شُحَّ نَفْسِهٖ فَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَۚ
Dan orang-orang (Ansar) yang telah menempati kota Madinah dan telah beriman sebelum (kedatangan) mereka (Muhajirin), mereka mencintai orang yang berhijrah ke tempat mereka. Dan mereka tidak menaruh keinginan dalam hati mereka terhadap apa yang diberikan kepada mereka (Muhajirin); dan mereka mengutamakan (Muhajirin), atas dirinya sendiri, meskipun mereka juga memerlukan. Dan siapa yang dijaga dirinya dari kekikiran, maka mereka itulah orang-orang yang beruntung.

(QS. Al-Hasyr ayat 9)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement