Tuesday, 1 Rabiul Awwal 1444 / 27 September 2022

Tuesday, 1 Rabiul Awwal 1444 / 27 September 2022

1 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Usai Sabet ISO Cyber Security Operation Center, Dewaweb Bentuk 'Dewaguard'

Selasa 09 Aug 2022 10:28 WIB

Red: Gilang Akbar Prambadi

Cloud. Ilustrasi

Cloud. Ilustrasi

Foto: Digitech
Dewaguard beroperasi selama 24 jam non-stop untuk melakukan monitoring.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keamanan data sudah menjadi hal penting yang wajib diperhatikan di dunia siber. Berangkat dari hal itu, Dewaweb yang baru saja kembali meraih sertifikat ISO 27001, mengingatkan pentingnya keamanan tinggi untuk pengamanan siber. 

Berdasarkan data temuan Tim Cyber Security Operation Center (CSOC) Dewaweb, ancaman serangan siber kini semakin tinggi, pintar, dan berbahaya. Ancaman ini muncul dalam berbagai bentuk, seperti malware, ransomware, bad bots, DDoS, phishing hingga exploits.

Baca Juga

Serangan siber sudah mengutamakan target ke instansi pemerintah-pemerintah namun masih banyak perusahaan dan instansi pemerintah Indonesia yang belum memiliki Tim Cyber Security Operation 24×7 yang kompeten dan siap menghadapi berbagai ancaman. 

Hal ini bisa dilihat dari maraknya kasus pencurian data dan pembobolan website yang semakin sering terjadi dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini pula yang mendasari Dewaweb untuk membangun tim elit cyber security in-house yang disebut dengan 'Dewaguard'.

Dikembangkan sejak awal tahun 2021, Dewaguard beroperasi selama 24 jam non-stop untuk melakukan monitoring, incident response, dan threat intelligence operation untuk melindungi infrastruktur cloud Dewaweb dan pelanggan, mulai dari sektor korporat hingga instansi pemerintahan yang membutuhkan pengamanan khusus.

Selain menjadi penyedia cloud hosting lokal pertama yang mendapatkan sertifikat ISO 27001 di tahun 2017 lalu, Dewaweb kembali mengukir sejarah melalui Dewaguard. Per Juni 2022, penyedia cloud hosting asal Jakarta ini juga mendapat sertifikasi ISO 27001 untuk layanan Cyber Security Operation Center (CSOC) bagi perusahaan (enterprise) dan instansi pemerintah.

“Sejak awal bermula di 2014, Dewaweb selalu berkomitmen untuk menjadi penyedia layanan cloud hosting terpercaya di Indonesia, terutama dari sisi keamanan data. Sertifikat ISO 27001 untuk Cyber SOC Dewaweb ini adalah bukti bahwa penyedia cloud lokal pun sama kualitas layanan dan keamanannya dengan penyedia layanan cloud dari luar negeri, bahkan dengan biaya yang lebih efisien dan memberikan manfaat bisnis yang lebih besar," CEO PT Dewaweb, sekaligus pemegang dua sertifikat bergengsi Certified Information Systems, kata Edy Budiman, di Jakarta, Selasa (9/8/2022).

Keberadaan ISO 27001 untuk Cyber SOC menjadi kompetensi dan standar tinggi yang ditetapkan Dewaweb untuk memastikan keamanan data pelanggan. Dalam lingkup ini, layanan Dewaguard sudah memenuhi prinsip Confidentiality, Integrity, and Availability (CIA) Triad. Hal ini dibuktikan pula dengan standar NIST Cyber Security Framework4 yang diterapkan Tim Cyber SOC Dewaweb dari Department of Commerce AS, yang didasari oleh lima tahapan, yakni Identify, Protect, Detect, Respond, dan Recover.

Layanan cyber security yang bisa digunakan antara lain Managed SOC 24×7, Automated Threat Defense 24×7, Managed Application Defense 24×7, penetration testing untuk jaringan dan aplikasi, dan konsultasi security assessment untuk perusahaan dan instansi pemerintah.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile