Sunday, 6 Rabiul Awwal 1444 / 02 October 2022

Sunday, 6 Rabiul Awwal 1444 / 02 October 2022

 

6 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Korut Diduga Lepas Air dari Bendungan Perbatasan Korsel tanpa Pemberitahuan

Selasa 09 Aug 2022 12:29 WIB

Rep: Fergi Nadira/ Red: Christiyaningsih

 Air menyembur dari pintu air di Bendungan Gunnam di Sungai Imjin, di Yeoncheon, provinsi Gyeonggi-do, Korea Selatan. Ilustrasi.

Air menyembur dari pintu air di Bendungan Gunnam di Sungai Imjin, di Yeoncheon, provinsi Gyeonggi-do, Korea Selatan. Ilustrasi.

Foto: EPA-EFE/JEON HEON-KYUN
Korut seharusnya memberi tahu Korsel sebelumnya melepaskan air dari bendungan.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL - Pejabat pemerintahan Korea Selatan (Korsel) menduga Korea Utara (Korut) telah melepaskan air dari sebuah bendungan di dekat perbatasan antar-Korea tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada Korsel. Korut juga dilanda hujan lebat sejak Senin (8/8/2022).

 

"Saat hujan turun dengan deras di Korea Utara, negara itu berulang kali membuka dan menutup pintu air Bendungan Hwanggang," kata pejabat kementerian unifikasi seperti dilansir laman Yonhap, Selasa (9/8/2022).

Baca Juga

"Sepertinya (Utara) sedang menyesuaikan ketinggian air Bendungan Hwanggang berdasarkan situasi curah hujan," ujarnya menambahkan.

Pejabat itu mengatakan tidak ada pemberitahuan sebelumnya dari Korut tentang perpindahan tersebut. Di bawah perjanjian antar-Korea yang ditandatangani pada Oktober 2009, Korut seharusnya memberi tahu Seoul sebelumnya tentang rencananya untuk melepaskan air bendungan.

Pada 28 Juni, Kementerian Unifikasi membuat permintaan publik ke Korut untuk menginformasikan ke Korsel terlebih dahulu jika mengeluarkan air bendungan. Alasannya untuk menghitung kemungkinan kerusakan yang dapat ditimbulkannya di Korsel.

Namun permintaan itu tidak digubris Korut dan  tampaknya melepaskan air dari Bendungan Hwanggang pada akhir Juni di tengah hujan lebat pada saat itu. Pejabat itu mengatakan sampai sekarang, kemungkinan pelepasan air yang menyebabkan kerusakan di Korsel memang masih rendah, meski situasinya dipantau secara ketat karena hujan lebat diperkirakan akan terjadi pada Senin dan Selasa di Korut.

Biasanya diperlukan waktu empat hingga lima jam untuk air yang dilepaskan dari bendungan yang terletak di bagian atas Sungai Imjin untuk mencapai Bendungan Gunnam di kota perbatasan Yeoncheon di selatan, 62 kilometer di utara Seoul. Langkah-langkah juga sedang disusun bekerja sama dengan kementerian lingkungan, pemerintah daerah, dan militer.

 

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile