Rabu 10 Aug 2022 08:00 WIB

Chicharito Sarankan MU Lepaskan Bayang-Bayang Ferguson

Sir Alex Ferguson masih berada di lingkungan MU walaupun sudah pensiun.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Javier Hernandez saat masih membela Manchester United,
Foto: REUTERS/Vincent West
Javier Hernandez saat masih membela Manchester United,

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Sejumlah pihak mengomentari situasi Manchester United (MU). Beberapa di antaranya para mantan pemain MU. Tak terkecuali Javier "Chicharito" Hernadez. 

Penyerang yang kini membela LA Galaxy itu masih mengikuti sepak terjang eks klubnya. Ia menyaksikan kekalahan 1-2 MU dari Brighton and Hove Albion pada partai pembuka Liga Primer Inggris musim 2022/23.

Baca Juga

Hasil ini membuka mata pelatih anyar the Red Devils Erik ten Hag. Setelah pramusim yang positif, ia melihat kondisi mentalitas penggawa Setan Merah yang sebenarnya. Sang arsitek mengakui, ia memasuki tantangan besar untuk mengembalikan United ke jalur semestinya.

Hernandez mencoba memberikan solusi. Menurutnya, pihak klub harus melepaskan bayang-bayang Sir Alex Ferguson dengan baik. Kemudian, para pelatih berikutnya diberi kebebasan berekspresi.

Ferguson sudah berhenti menjadi arsitek MU sejak 2013 lalu. Sejak periode tersebut, the Red Deviks mengalami penurunan performa. Kenyataannya, ia masih berada di sekitar pasukan Old Trafford.

Hernandez mengakui tidak mudah menemukan pengganti sepadan juru taktik berkebangsaan Skotlandia itu. Seseorang yang bisa mengeluarkan kemampuan terbaik dari para pemainnya. Selama 26 tahun Fergie mendampingi berbagai generasi di Setan Merah.

"Sulit menggantikan orang seperti itu. Ini seperti memenangkan lotre," kata pesepak bola 34 tahun, dikutip dari Manchester Evening News, Rabu (10/8/2022).

Ia menerangkan, semua kembali pada sikap klub. Segala sesuatu bisa terjadi. Termasuk membawa United ke jalur juara. 

Ia menghargai sejarah Ferguson di Old Trafford. Pada saat yang sama, Chicharito meminta MU menerima kenyataan bahwa sang pelatih legendaris sudah pensiun. Situasianya tak lagi sama.

"Jadi United harus beradapatasi dan membiarkan manajer berikutnya melakukan dengan caranya sendiri," tegas Chicharito.

 

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
قَالَ يٰقَوْمِ اَرَءَيْتُمْ اِنْ كُنْتُ عَلٰى بَيِّنَةٍ مِّنْ رَّبِّيْ وَرَزَقَنِيْ مِنْهُ رِزْقًا حَسَنًا وَّمَآ اُرِيْدُ اَنْ اُخَالِفَكُمْ اِلٰى مَآ اَنْهٰىكُمْ عَنْهُ ۗاِنْ اُرِيْدُ اِلَّا الْاِصْلَاحَ مَا اسْتَطَعْتُۗ وَمَا تَوْفِيْقِيْٓ اِلَّا بِاللّٰهِ ۗعَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْهِ اُنِيْبُ
Dia (Syuaib) berkata, “Wahai kaumku! Terangkan padaku jika aku mempunyai bukti yang nyata dari Tuhanku dan aku dianugerahi-Nya rezeki yang baik (pantaskah aku menyalahi perintah-Nya)? Aku tidak bermaksud menyalahi kamu terhadap apa yang aku larang darinya. Aku hanya bermaksud (mendatangkan) perbaikan selama aku masih sanggup. Dan petunjuk yang aku ikuti hanya dari Allah. Kepada-Nya aku bertawakal dan kepada-Nya (pula) aku kembali.

(QS. Hud ayat 88)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement