Rabu 10 Aug 2022 09:21 WIB

Semester I 2022, Erick Sebut Laba BUMN Klaster Logistik Naik Dua Kali Lipat

Kementerian BUMN memprediksi Klaster Logistik akan tetap menunjukan kinerja positif.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Nidia Zuraya
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan laba BUMN Klaster Logistik naik dua kali lipat secara tahunan (year-on-year/yoy) pada semester I 2022.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan laba BUMN Klaster Logistik naik dua kali lipat secara tahunan (year-on-year/yoy) pada semester I 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan laba BUMN Klaster Logistik naik dua kali lipat secara tahunan (year-on-year/yoy) pada semester I 2022. Akselerasi konsumsi masyarakat dan aktivitas produksi memperbaiki kinerja Klaster Logistik BUMN.

Kementerian BUMN memprediksi Klaster Logistik akan tetap menunjukan kinerja positif dengan meningkatnya mobilitas masyarakat di era pasca Covid-19. Sektor transportasi dan pergudangan tumbuh 21,27 persen pada kuartal II 2022, peningkatan ini juga merupakan kontribusi dari BUMN di klaster logistik, pelonggaran mobilitas dan daya beli yang terjaga mendorong akselerasi konsumsi masyarakat dan aktivitas produksi.

Baca Juga

Menurut Erick, mobilitas masyarakat sepanjang kuartal II 2022 meningkat pesat utamanya didorong oleh pelonggaran syarat perjalanan serta momen hari raya Idulfitri, sehingga jumlah penumpang di seluruh moda transportasi mengalami peningkatan.Tercatat sepanjang Januari-Juni 2022 pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta mencapai 18,15 juta orang atau naik hampir 100 persen dibandingkan dengan tahun lalu sebanyak 9,1 juta orang. 

Erick mengatakan salah satu faktor yang memengaruhi pertumbuhan sektor transportasi dan pergudangan adalah suksesnya Kementerian BUMN dalam melaksanakan program Mudik Bersama.

"BUMN punya andil dalam menjaga daya beli masyarakat dengan memberikan lapangan kerja serta berperan dalam memastikan pelayanan masyarakat tetap terjaga dalam masa krisis," ujar Erick pada Senin (8/8/2022).

Erick Thohir mencontohkan upaya ekstra yang dilakukan BUMN Klaster Logistik seperti PT Pelabuhan Indonesia (Persero) dalam memaksimalkan operasional 59 terminal penumpang dan meningkatkan akurasi informasi jadwal kapal untuk memastikan tidak adanya penumpukan penumpang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement