Sunday, 29 Safar 1444 / 25 September 2022

Sunday, 29 Safar 1444 / 25 September 2022

 

29 Safar 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Musim Hujan di Lanny Jaya Diprediksi Oktober 2022

Rabu 10 Aug 2022 02:37 WIB

Red: Ani Nursalikah

Warga melintas di jalan penghubung ke Kabupaten Lanny Jaya, Papua, Sabtu (5/3). Musim Hujan di Lanny Jaya Diprediksi Oktober 2022

Warga melintas di jalan penghubung ke Kabupaten Lanny Jaya, Papua, Sabtu (5/3). Musim Hujan di Lanny Jaya Diprediksi Oktober 2022

Foto: Antara
Masyarakat di Lanny Jaya harus mewaspadai terjadinya embun beku.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah V Jayapura memprediksikan Kabupaten Lanny Jaya, Provinsi Papua akan memasuki musim hujan dasarian pertama pada Oktober 2022.

 

"Namun, pada saat itu masih memasuki masa pancaroba jadi peralihan dari musim kemarau ke musim hujan," kata Kepala BBMKG Wilayah V Jayapura Hendro Nugroho di Jayapura, Selasa (9/8/2022).

Baca Juga

Menurut Hendro, peristiwa embun di Kabupaten Lanny Jaya memang sering terjadi setiap tahun namun dan ini juga terjadi di Jawa Tengah tepatnya di Pegunungan Tinggi Dieng.

"Sehingga kami memprediksikan di Lanny Jaya baru akan masuk musim hujan Oktober 2022," ujarnya.

Dia menjelaskan daerah-daerah seperti Lanny Jaya yang berada pada ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut harus mewaspadai terjadinya embun beku. "Karena semakin tinggi suatu wilayah penurunan suhu juga makin banyak jadi wilayah yang lebih tinggi juga akan mengalami fenomena embun beku," katanya.

Dia menambahkan hampir seluruh wilayah yang berada di wilayah pegunungan berpotensi terjadinya embun beku. "Sehingga ini akan sangat berdampak pada kesehatan sehingga kami harap ini menjadi perhatian pemerintah setempat melakukan mitigasi sebelum terjadi bencana embun beku," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile