Friday, 15 Jumadil Awwal 1444 / 09 December 2022

Friday, 15 Jumadil Awwal 1444 / 09 December 2022

15 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Mesir dan Israel Adakan Pembicaraan Setelah Gencatan Senjata Gaza

Rabu 10 Aug 2022 03:41 WIB

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Esthi Maharani

Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi.

Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi.

Foto: Reuters
El-Sisi mengatakan sangat penting membangun ketenangan dan mengambil langkah segera

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Presiden Mesir Abdel Fattah El-Sisi dan Perdana Menteri Israel Yair Lapid mengadakan pembicaraan, setelah gencatan senjata yang ditengahi Kairo pada Ahad (7/8/2022) malam. Pertempuran pekan lalu antara Israel dan Jihad Islam di Jalur Gaza menewaskan sedikitnya 44 warga Palestina, termasuk 15 anak-anak.

Selama panggilan telepon, El-Sisi mengatakan saat ini sangat penting membangun ketenangan dan mengambil langkah segera, untuk memperbaiki kondisi kehidupan di Gaza dan mendukung Presiden Palestina Mahmoud Abbas.

Baca Juga

Di sisi lain, Lapid menegaskan kembali peran Mesir sebagai landasan bagi perdamaian Timur Tengah. Ia mengungkapkan rasa terima kasihnya atas mediasi yang efektif dalam beberapa hari terakhir.

Dalam sebuah pernyataan, Lapid mengatakan dia dan El-Sisi berbicara tentang pentingnya mempromosikan dan mengembangkan normalisasi antara Israel dan negara-negara di kawasan itu. Selain itu, disampaikan pula mengenai pentingnya dialog untuk mencapai stabilitas di kawasan itu.

Dilansir di Arab News, Rabu (10/8/2022), mereka juga membahas seputar masalah kemanusiaan yang penting bagi kedua negara, serta kelanjutan kerja sama ekonomi di antara mereka.

Aksi gencatan senjata mengakhiri pertempuran terburuk di Gaza sejak perang 11 hari tahun lalu. Israel memulai operasinya dengan membunuh seorang pemimpin Jihad Islam pada hari Jumat, dan membunuh seorang pemimpin lainnya pada hari Sabtu.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile