Monday, 11 Jumadil Awwal 1444 / 05 December 2022

Monday, 11 Jumadil Awwal 1444 / 05 December 2022

11 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Rusia Luncurkan Satelit Iran ke Orbit

Rabu 10 Aug 2022 04:05 WIB

Red: Esthi Maharani

Rusia meluncurkan satelit Iran ke orbit dari Kazakhstan selatan tiga pekan setelah Presiden Rusia Vladimir Putin dan Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei berjanji untuk bekerja sama melawan Barat.

Rusia meluncurkan satelit Iran ke orbit dari Kazakhstan selatan tiga pekan setelah Presiden Rusia Vladimir Putin dan Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei berjanji untuk bekerja sama melawan Barat.

Peluncuran ini jadi tonggak sejarah satelit Iran dalam kerja sama Moskow-Teheran

REPUBLIKA.CO.ID., ANKARA -- Rusia meluncurkan satelit Iran ke orbit pada Selasa (9/8/2022) dari Kazakhstan selatan, menurut perusahaan luar angkasa negara Rusia.

Langkah itu dilakukan hanya tiga pekan setelah Presiden Rusia Vladimir Putin dan Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei berjanji untuk bekerja sama melawan Barat.

Satelit penginderaan jauh Khayyam, dinamai penyair dan filsuf Persia abad ke-11 Omar Khayyam, diluncurkan oleh roket Soyuz Rusia dari pelabuhan antariksa Baikonur ke orbit, kata Roscosmos.

“Satelit penginderaan jauh Khayyam Earth Iran telah berhasil dikirim ke orbit yang ditentukan dengan bantuan roket pembawa Soyuz-2.1b Rusia yang diluncurkan dari Kosmodrom Baikonur dan booster Fregat,” kata Roscosmos.

Peluncuran satelit Iran adalah peristiwa penting dalam kerja sama Rusia-Iran, menurut kepala Roscosmos Yury Borisov.

"Peluncuran satelit yang sukses untuk dan pesanan dari Iran telah menjadi peristiwa penting dalam kerja sama bilateral Rusia-Iran yang membuka jalan untuk mengimplementasikan proyek-proyek baru dan lebih dimensional," kata Borisov.

Sementara itu, Iran telah memperoleh data pertama dari satelit Khayyam, menurut kantor berita Iran IRNA. Data tersebut termasuk pengukuran telemetri yang diterima oleh stasiun darat Badan Antariksa Iran, kata IRNA.

Satelit Iran dirancang untuk melakukan penelitian ilmiah, menguji teknologi saluran komunikasi antar-satelit, mengukur tingkat radiasi elektromagnetik, melakukan penyelidikan jarak jauh Bumi dan pemantauan lingkungan. 

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/rusia-luncurkan-satelit-iran-ke-orbit/2657835
Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile