Rabu 10 Aug 2022 11:01 WIB

Legenda Tottenham Dukung Keputusan Conte Kumpulkan Pemain Berpostur Tinggi

Conte telah mengontrak 8 pemain yang semuanya punya tinggi badan lebih dari 182 cm.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Pelatih kepala Tottenham Antonio Conte.
Foto: AP/Ahn Young-joon
Pelatih kepala Tottenham Antonio Conte.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Mantan kapten Tottenham Hotspur, Ledley King selalu mengikuti sepak terjang eks klubnya. Apalagi ia masih berstatus brand ambassador the Lilywhites.

Ia terkesan melihat cara pelatih Antonio Conte membangun tim. Ada banyak pemain bertubuh tinggi besar di Spurs. King mendukung hal itu.

Baca Juga

"Skuad ini sangat mengandalkan fisik, dan itu membuat saya bersemangat," kata sosok yang pernah menjadi asisten pelatih Tottenham pada era Jose Mourinho itu, dikutip dari laman Daily Mail, Rabu (10/8/2022).

Menurutnya, ini bakal membawa banyak manfaat positif. Bukan hanya di level taktis, melainkan juga secara psikologis karena membantu menaikkan kepercayaan diri ketika tim berdiri di terowongan sebelum memulai sebuah pertandingan.

Conte telah mengontrak delapan pemain yang semuanya memiliki tinggi badan lebih dari 182 cm. Itu belum terhitung Destiny Udogie dari Udinese. Spurs akan segera mengonfirmasi kedatangan Udogie.

Ada tiga sosok yang terbuang dari skuad Conte. Para pemain tersebut antara lain Harry Winks, Giovani Lo Celso, serta Sergio Reguillon. Semuanya bertinggi badan 177 cm. 

Ada Tanguy Ndombele yang berpostur raksasa, tetapi tak dilirik sang arsitek. Itu karena kebugarannya tidak berada pada standar yang dibutuhkan. 

Namun Conte masih percaya pada kemampuan Ryan Sessegnon dan Lucas Moura yang lebih pendek dari kebanyakan penggawa Spurs. Bagaimanapun, harus ada satu dua orang yang lebih menonjol di sisi teknis.

Juru taktik asal Italia pernah melakukan hal serupa ketika membesut Chelsea FC, beberapa tahun lalu. Ia menggabungkan sekumpulan raksasa dengan Eden Hazard dan N'Golo Kante. "Pasukannya yang setinggi enam kaki (182 cm), tidak akan ada gunanya jika mereka kekurangan kualitas teknis," demikian laporan yang dikutip dari Daily Mail, Rabu (10/8/2022).

Tottenham meraih hasil positif pada pekan pertama Liga Primer Inggris. Kubu London Utara menaklukkan Southampton, 4-1. Setelah pertandingan, Conte mengakui dirinya menargetkan pemain dengan karakteristik khusus. Itu sesuai tuntutan sepak bola modern. 

"Pemain harus memiliki kualitas. Pada saat yang sama. dia harus kuat secara fisik, mesin yang bagus dan berstamina, karena liga ini sangat ketat, berbeda dari liga lainnya," kata eks pelatih Inter Milan.

Dalam skuadnya ada penggabungan berbagai elemen. Dimulai dari sekumpulan pemain berbakat dan mampu tampil dalam intensitas tinggi. Secara fisik bukan hanya dilihat dari ukuran tubuh, tapi lebih dari itu, ia mencari pesepak bola yang bisa terus berlari sepanjang permainan. Itu kunci dari revolusi Conte di Tottenham. 

Ia juga memiliki skuad yang dalam. Contohnya di lini depan, selain Harry Kane, Son Heung-min dan Dejak Kulusevski, masih ada Richarlison. Di lini belakang, ia meminjam Clement Lenglet dari Barcelona.

Lenglet merupakan bek tengah berkaki kiri. Pria Prancis itu bisa bergantian dengan Davinson Sanchez. Terlihat sang arsitek sangat detail memenuhi kebutuhan tim.

"Ada banyak pekerjaaan yang masih harus dilakukan, tetapi ada alasan untuk optimistis," ujar King.

 

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023. Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya
di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement