Tuesday, 8 Rabiul Awwal 1444 / 04 October 2022

Tuesday, 8 Rabiul Awwal 1444 / 04 October 2022

8 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Ferdy Sambo Terancam Hukuman Mati, Teringat Soekarno Tandatangani Surat Eksekusi Mati Kartosuwiryo

Rabu 10 Aug 2022 07:13 WIB

Rep: Kurusetra/ Red: Partner

.

.

Ferdy Sambo dihukum mati karena terlibat pembunuhan Brigadir J, Kartosuwiryo dieksekusi mati karena memberontak.

Irjen Ferdy Sambo dan mendiang Brigadir J. Mantan kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo terancam hukuman mati di kasus pembunuhan Brigadir J. Foto: IST.
Irjen Ferdy Sambo dan mendiang Brigadir J. Mantan kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo terancam hukuman mati di kasus pembunuhan Brigadir J. Foto: IST.

KURUSETRA -- Salam Sedulur... Irjen Ferdy Sambo ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J. Sambo disebut memerintahkan penembakan Brigadir J yang tewas karena luka tembak di rumah dinas Ferdy Sambo di Duren Tiga, Jakarta, pada 8 Juli 2022.

“Timsus sudah menetapkan saudara FS sebagai tersangka," kata Kapolri dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (9/8/2022) malam.

BACA JUGA: Ferdy Sambo Terancam Hukuman Mati, Teringat Hukuman Mati di Batavia: Dari Digantung Hingga Dipancung

Ferdy Sambo terancam hukuman mati atas perannya di kasus pembunuhan Brigadir J. Mantan kepala divisi Profesi dan Pengamanan (kadiv Propam) itu diancam dengan Pasal 340 subsider Pasal 338 juncto Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP dengan hukuman pidana maksimal hukuman mati, atau penjara seumur hidup, atau 20 tahun perjara.

Bicara hukuman mati, Presiden pertama RI, Soekarno juga pernah menghukum mati seorang sahabatnya, Kartosuwiryo. Kisah itu datang pada 1963, saat Soekarno tidak kuasa menahan tangisnya ketika harus membubuhkan tanda tangan di atas kertas di surat perintah hukuman mati terhadap pemimpin DI/TII Kartosuwiryo. Sahabat Bung Karno itu dihukum mati karena melawan pemerintah dan melakukan pemberontakan di Jawa Barat.

BACA JUGA: Bendera LGBT di Inggris, Teringat Pidato Soekarno: Amerika Kita Setrika, Inggris Kita Linggis!

Sebelum menandatanganinya, Bung Karno terlebih dulu shalat Magrib dan berdoa. Eksekusi itu kemudian dilakukan di Pulau Ubi. "Ada pernyataan yang beredar luas, di mana Kartosuwirjo berkata, jika aku yang jadi presiden kelak, kamu yang jadi pemberontak, jika kamu yang jadi presiden kelak, aku yang akan jadi pemberontak," kata Sejarawan Almarhum Alwi Shahab suatu ketika di Pulau Onrust.


Imam besar DI/TII Kartosuwiryo.
Imam besar DI/TII Kartosuwiryo.

Hubungan Soekarno dan Kartosuwiryo memang bukan sekadar teman. Mereka adalah saudara yang dipersatukan di rumah sang guru besar, Hadji Oemar Said Tjokroaminoto.

Adanya hukuman mati di Indonesia lebih dipertegas lagi dengan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menyatakan tidak bertentangan dengan UUD 45. Khususnya terhadap pelaku kejahatan narkotika, sebanyak 62 orang telah divonis hukuman mati. Belum lagi terhadap kasus terorisme dan berbagai kejahatan lainnya.

BACA JUGA: Humor: Soekarno Otak Kanan Besar, Habibie Otak Kiri Besar, Gus Dur Sama Besar Tapi Suka Gak Nyambung

Penjahat kelas kakap yang dijatuhi hukuman mati pada masa Bung Karno adalah Kusni Kasdut. Dia merampok di tempat perhiasan emas di Museum Nasional, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Ketika peristiwa kejahatan ini terjadi, Monas dengan menaranya yang menjulang sedang dibangun. Hingga ada yang secara iseng mengusulkan, penjahat kelas kakap sebaiknya dihukum dengan melemparnya dari menara Monas.

Dalam peristiwa Cikini usaha pembunuhan terhadap Bung Karno para pelakunya juga dituntut hukuman mati. Mereka adalah Saadon, Tasrif dan Yusuf Ismail.

BACA BERITA MENARIK LAINNYA:

> Humor NU: Orang Muhammadiyah Ikut Tahlilan Tapi Gak Bawa Pulang Berkat, Diledek Makan di Tempat Saja

> Bolehkah Makan Nasi Berkat dari Acara Tahlilan? Halal Bisa Jadi Haram

> Banyak Pria Jakarta Sakit Raja Singa Gara-Gara Wisata "Petik Mangga"

> Kata Siapa Muhammadiyah tidak Punya Habib, KH Ahmad Dahlan Itu Keturunan Rasulullah

> Pak AR Salah Masuk Masjid, Diundang Ceramah Muhammadiyah Malah Jadi Imam Tarawih di Masjid NU

> Humor Gus Dur: Yang Bilang NU dan Muhammadiyah Berjauhan Hanya Cari Perkara, Yang Dipelajari Sama

> Humor Cak Nun: Soal Rokok Muhammadiyah Terbelah Jadi Dua Mahzab

> Humor Ramadhan: Puasa Ikut NU yang Belakangan, Lebaran Ikut Muhammadiyah yang Duluan

> Muhammadiyah Tarawih 11 Rakaat, Pakai Formasi 4-4-3 atau 2-2-2-2-2-1?

.

Ikuti informasi penting seputar berita terkini, cerita mitos dan legenda, sejarah dan budaya, hingga cerita humor dari KURUSETRA. Kirim saran dan kritik Anda ke email kami: kurusetra.republika@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube, Instagram, Twitter, dan Facebook KURUSETRA.

sumber : https://kurusetra.republika.co.id/posts/170959/ferdy-sambo-terancam-hukuman-mati-teringat-soekarno-tandatangani-surat-eksekusi-mati-kartosuwiryo
Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile