Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

 

7 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Petugas Damkar di Bintan Tangkap Ular Piton Sepanjang Empat Meter

Rabu 10 Aug 2022 18:35 WIB

Red: Ani Nursalikah

Ilustrasi. Petugas Damkar di Bintan Tangkap Ular Piton Sepanjang Empat Meter

Ilustrasi. Petugas Damkar di Bintan Tangkap Ular Piton Sepanjang Empat Meter

Foto: Antara/Abriawan Abhe
Ular piton tersebut memangsa ternak ayam warga.

REPUBLIKA.CO.ID, BINTAN -- Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) di Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) berhasil menangkap ular piton sepanjang empat meter dan berat 10 kilogram yang memangsa ternak ayam warga di wilayah Kecamatan Bintan Timur.

 

"Informasi kejadian awal kami terima dari pihak Kelurahan Sei Lekop, pagi tadi," kata Kepala Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Damkar Bintan Timur Nurwendi, Rabu (10/8/2022).

Baca Juga

Setelah itu, Tim Penyelamat Damkar Bintan Timur langsung turun ke tempat kejadian perkara guna dilakukan proses evakuasi. Ular piton itu ternyata masuk ke dalam kandang ayam milik seorang warga Srikusuma, persisnya di Kampung Jawa, Kelurahan Sei Lekop, Kecamatan Bintan Timur.

"Ular berhasil memangsa seekor ayam di dalam kandang, lalu tak bisa bergerak karena kekenyangan," ujar dia.

Dalam kondisi ular tak bisa bergerak, lanjut dia, tim penyelamat langsung berupaya menangkapnya menggunakan peralatan yang ada. Akhirnya, hewan reptil tersebut berhasil ditangkap dalam kurun waktu sekitar 30 menit.

"Ular ini sempat memberontak saat hendak ditangkap, apalagi dalam posisi tubuhnya melilit di dalam kandang ayam," ujar dia.

Selesai ditangkap, ular piton itu dilepasliarkan ke habitat aslinya. Ular piton keluar dari hutan belantara di belakang rumah warga sekitar karena kelaparan dan ingin mencari makan.

Nurwendi mengimbau warga segera melapor ke Pos Damkar apabila menemukan hewan jenis berbisa di lingkungan tempat tinggal. "Petugas kami punya keahlian dan siap membantu evakuasi hewan berbisa, seperti ular. Warga jangan evakuasi sendiri karena sangat berbahaya bahkan dapat mengancam nyawa," katanya.

sumber : Antara
Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile