Sunday, 6 Rabiul Awwal 1444 / 02 October 2022

Sunday, 6 Rabiul Awwal 1444 / 02 October 2022

 

6 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Sering Diabaikan, Tubuh Ternyata Sangat Butuh Vitamin B12

Rabu 10 Aug 2022 23:20 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah

Vitamin B12 sangat penting agar tubuh bisa berfungsi dengan baik.

Vitamin B12 sangat penting agar tubuh bisa berfungsi dengan baik.

Foto: picpedia.org
Vitamin B12 sangat penting agar tubuh bisa berfungsi dengan baik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Vitamin B12 sangat penting agar tubuh bisa berfungsi dengan baik. Sayangnya, vitamin B12 adalah salah satu vitamin yang jarang dibicarakan. Tidak seperti vitamin C dan vitamin lainnya, seseorang cenderung mengabaikan pentingnya kebutuhan vitamin B12. 

 

Nyatanya, ada alasan krusial mengapa vitamin B12 harus selalu ada dalam asupan makanan harian. Vitamin B12 meningkatkan dan memfasilitasi banyak fungsi dalam tubuh. Inilah alasan mengapa tubuh memerlukan vitamin B12, dikutip dari laman NDTV, Kamis (11/8/2022).

Baca Juga

 

1. Melindungi kesehatan mata

Mencukupi asupan vitamin B12 menurunkan risiko terkena degenerasi makula. Itu adalah kondisi mata yang bisa menyebabkan kebutaan dan sering terjadi pada orang dewasa yang berusia lebih tua. Tidak mengonsumsi cukup vitamin B12 dapat meningkatkan risikonya.

 

2. Mencegah dan mengobati depresi

Serotonin adalah salah satu hormon bahagia yang mampu meningkatkan suasana hati dan meningkatkan kesehatan mental. Vitamin B12 memainkan peran integral dalam produksi serotonin. Studi menunjukkan bahwa orang yang asupan vitamin B12-nya kurang berisiko hampir dua kali lipat mengidap depresi.

 

3. Meningkatkan kesehatan otak

Vitamin B12 tidak hanya mendukung fungsi otak, tetapi bertanggung jawab untuk memfasilitasi berbagai fungsi di otak dan sistem saraf. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan atrofi otak, yakni hilangnya neuron di otak yang dapat menyebabkan demensia dan kehilangan memori.

Selain fungsi-fungsi tersebut, vitamin B12 juga memfasilitasi produksi energi, membantu kemampuan seseorang untuk berpikir, dan mempertahankan berfungsinya otak dan sistem saraf. Oleh karena itu, vitamin B12 adalah nutrisi penting dan diperlukan untuk kelangsungan hidup.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile