Purbalingga Canangkan Agustus Sebagai Bulan Bumi Soedirman

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi dalam acara Gathering Rasa Soedirman di Monumen Tempat Lahir (MTL) Panglima Besar Jenderal Soedirman di Desa Bantarbarang, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga.
Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi dalam acara Gathering Rasa Soedirman di Monumen Tempat Lahir (MTL) Panglima Besar Jenderal Soedirman di Desa Bantarbarang, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga. | Foto: Dok. Pemkab Purbalingga

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Pemkab Purbalingga, Jawa Tengah, mengadakan Gathering Rasa Soedirman di Monumen Tempat Lahir (MTL) Panglima Besar Jenderal Soedirman di Desa Bantarbarang, Kecamatan Rembang. Acara ini mengawali berbagai kegiatan dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia sekaligus Agustus dijadikan sebagai momen pencanangan Purbalingga Bumi Soedirman.

Kegiatan Gathering Rasa Soedirman mengundang para content creator, pelaku wisata, pelaku UMKM, berlangsung di MTL Soedirman. Kegiatan yang dibiayai Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau (DBHCT) dilakukan dengan menggelar lomba video kebangkitan pariwisata dengan tema Purbalingga Bumi Soedirman, juga kegiatan melukis Soedirman yang dilakukan oleh perupa-perupa Purbalingga.

“Di bulan ini, kita mengambil tema mengenai Soedirman, karena kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77. Dan kita gagas event-event untuk menyemangati masyarakat, di mana dua tahun terakhir pada peringatan 17 Agustus kita masih prihatin karena dilanda pandemi,” kata Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi.

Panglima Besar Jenderal Soedirman lahir di Desa Bantarbarang, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga. Nama Panglima Besar Jenderal Soedirman saat ini sudah mendunia dan dikenal sebagai salah satu jenderal sekaligus tokoh kebanggaan bangsa Indonesia. Pemkab Purbalingga pun akan mengangkat Kabupaten Purbalingga sebagai Bumi Soedirman

“Sebetulnya Pak Dirman itu lahir di Purbalingga. Oleh karenanya mulai bulan ini di momentum kemerdekaan kita akan mengangkat bahwa Purbalingga adalah Bumi Soedirman,” ujar Tiwi.

Untuk mendukung Purbalingga Bumi Soedirman selama Agustus sekaligus memeringati hari kemerdekaan Pemerintah Kabupaten Purbalingga menggelar berbagai kegiatan dengan tema Soedirman, di antaranya kegiatan Melukis Soedirman yang diselenggarakan oleh Cinema Lover Community (CLC), Perwira Basketball Series Soedriman, Soedirman Fashion Street, Kirab Panglima Besar Soedirman, dan berbagai kegiatan lainnya.

Kirab Soedirman akan dilaksanakan pada 31 Agustus 2022 dengan rute start dari MTL Jenderal Soedirman Bantarbarang Rembang menuju ke alun-alun Purbalingga. Kegiatan Kirab Soedirman diawali dengan pasukan atau kirab bendera, pasukan tandu terbanyak dan akan memecahkan rekor MURI. Kirab Soedirman sekaligus memberikan pemahaman kepada generasi muda bahwa Purbalingga merupakan tempat dan bumi Soedirman.

"Kita akan berjalan dari MTL Soedirman sampai dengan alun-alun Purbalingga dan kita semangatnya untuk memecahkan rekor MURI yang berbau Soedirman. Ini bukan untuk gaya-gayaan. Ini dalam rangka untuk mempublikasikan bahwa Pak Soedirman ini lahir di Purbalingga, dan Purbalingga Bumi Soedirman,” jelas bupati.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id

Terkait


300 Pelaku Ekonomi Kreatif Purbalingga Dapat Pelatihan Fotografi

Kota Tono Jepang Jajaki Kerja Sama dengan Kabupaten Purbalingga

Bantu Ketahanan Pangan, Pemkab Purbalingga Serahkan 18 Hewan Qurban ke Desa

Pelopori Bebas BAB Sembarangan, Desa Kasih Purbalingga Dapat Mobil Ambulans

Peringati Harganas, Bupati Purbalingga Ingatkan Pentingnya Keluarga Berencana

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark