Monday, 30 Safar 1444 / 26 September 2022

Monday, 30 Safar 1444 / 26 September 2022

 

30 Safar 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Genjer Genjer-nya Nyoto, Konser Dream Theater Zaman Cak Imin dan Munajat Cinta Prabowo

Kamis 11 Aug 2022 04:03 WIB

Red: Muhammad Subarkah

Penampilan grup musik Dream Theater saat tampil pada konser Top Of The World Tour di Halaman Parkir Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Rabu (10/8/2022). Dream Theater menggelar konser selama dua jam membawakan lagu dari koleksi album terbaru mereka A View From The Top Of The World.

Penampilan grup musik Dream Theater saat tampil pada konser Top Of The World Tour di Halaman Parkir Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Rabu (10/8/2022). Dream Theater menggelar konser selama dua jam membawakan lagu dari koleksi album terbaru mereka A View From The Top Of The World.

Foto: ANTARA/NICOLOUS IRAWAN
Musik dan lagu hingga konser sudah mulai di pakai dalam kampanye politik

Oleh: Muhammad Subarkah, Jurnalis Republika

 

Kenyataan politik memang sebuah layaknya mimpi yakni sebuah hal yang selalu dibayangkan. Alhasil, bayang-bayang itu sudah terlihat semburat sejak dua tahun sebelum ajang Pilpres yang akan digelar pada bulan ketiga tahun 2004. Meskipun masih jauh, tapi uap dan bau persaingan panasnya, kini sudah tercium ke mana-mana

Bahkan, tak hanya itu saja, arena kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) pusat juga sudah merambah jauh seakan panggung pertunjukan musik. Ini tercermin jelas kala aktivis Partai Gerindra dan PKB datang untuk mendaftarkan diri sebagai peserta pemilu. Mereka ramai-ramai menyanyikan lagu hits ‘Munajat Cinta’ karya Ahmad Dhani yang juga menjadi salah satu kader partai.

Hal yang sama juga terjadi dalam pertunjukan grup rock asing, Dream Theater yang kemarin manggung di Solo, kampung halaman Presiden Jokowi dan Gibran Rakabuming Raka. Begitu juga dengan Anies yang tampak mengumpulkan massa melalui berbagai ajang musik di Jakarta Internasional Stadium.

Maka rak heran pula ketika di Solo di tengah keriuhan fans lagu rock Dream Teater terselip wajah-wajah merekea yang kerap disebut akan menjadi 'idola' pemimpin yang akan datang seperti gubernur hingga presiden. Jadi tak usah heran bila di konser grup itu terselip wajah di antara penonton seperti Muhaimin Iskandar yang akan maju pilpres bersama Prabowo, Ganjar Pranowo gubernur yang diduga akan menjadi pesaing Puan Maharani berebut tiket pilpres dari PDI Perjuangan, hingga putra Presiden Jokowi Rakabuming Raka yang kini menjabat sebagai wali kota Solo dan sudah banyak disebut akan maju dalam pencalonan Pilgub Gubernur Jawa Tengah atau DKI Jakarta.

Wajah-wajah politisi itu hadir dan menampakkan diri pada ajang konser 'Dream Thetar' yang pintu masuknya sudah dijejali masa semenak pukul 17.00 WIb. Ini unik sebab teraba juga konser itu dipakai sebagai ajang pengenalan sosok pilpres secara masif ke publik. 

Apalagi kemudian diberbagai masa muncul foto mereka. Misalnya, dalam kasus Dream Theater sosok Muhaimin dengan memakai kaos hitam dan celaka panjang hitam dengan mengacungkan simbol tiga jari ala musik cadas. Sekilas memang keren, tapi lucu sebab musik cadas sebenarnya bukan musik pribadi mereka yang besar pada tradisi musik dan tembang Jawa atau pun musik rebana, gambus ala Nasidia Ria yang dikenal akrab mereka karena selalu diputar dalam berbagai ajang acara di kampung-kampung dan pesantren mereka setiap hari.

photo
Muhaimin Iskandar mengacungkan salam metal tiga jari di depan masa ajang konser Dream Theater di Solo (11/8/2022) - (istimewa)
Kehadiran mereka berhimpitan waktunya ketika ribuan fans Dream Theater telah memadati Stadion Manahan Solo untuk menyaksikan konser band rock legendaris asal Amerika Serikat tersebut. Bahkan penonton telah memasuki venue konser, begitu pintu masuk penonton dibuka pada pukul 17.00 WIB. 

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar terlihat di antara ribuan fans Dream Theater. Cak Imin tiba di  ajang konser itu, yakni di Stadion Manahan Solo sekitar pukul 19.35 WIB. Dia tiba bersama rombongannya. Cak imin mengenakan kostum serba hitam, yakni kaus hitam Dream Theater.

Senada dengan itu, sebelumnya kala dijumpai di Rumah Dinas Loji Gandrung, Selasa, 9 Agustus 2022, Gibran mengungkapkan jika konser tersebut akan dihadiri sejumlah tamu penting. 

“Pak Gubernur, Ganjar. Ada beberapa juga (tamu VVIP), lupa namanya. Ada ketua umum partai juga,” kata dia.

photo
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) bersalam komando dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (kanan) usai mendaftarkan partainya masing-masing sebagai calon peserta Pemilu 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Senin (8/8/2022).(ANTARA/Indrianto Eko Suwarso)
 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile