Thursday, 3 Rabiul Awwal 1444 / 29 September 2022

Thursday, 3 Rabiul Awwal 1444 / 29 September 2022

3 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Bocoran Fitur Baru WhatsApp, Segera Meluncur Bulan Ini

Kamis 11 Aug 2022 05:18 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Businessman using Whatsapp application in an office (Rawpixel)

Businessman using Whatsapp application in an office (Rawpixel)

Selain peningkatan batas anggota grup, Meta juga melakukan penambahan ukuran untuk ukuran pengiriman file yang mencapai 2 GB.

Pada awal Agustus ini, Meta telah melakukan pembaruan pada aplikasi WhatsApp. Fitur-fitur baru yang telah dihadirkan pada pembaruan awal bulan antara lain mencakup reaksi pesan (message reaction) yang di dalamnya termasuk kemampuan untuk merespons pesan dengan emoji apa saja dan beberapa kemajuan dan perbaikan lainnya.

Batas anggota grup juga ditingkatkan menjadi sebanyak maksimal 512 anggota. Dalam panggilan grup ini, pengguna dapat me-mute  orang lain atau mengirimkan pesan dengan menekan akun lawan.

Selain peningkatan batas anggota grup, Meta juga melakukan penambahan ukuran untuk ukuran pengiriman file yang mencapai 2 GB.

Baca Juga: Luncurkan Chatbot WhatsApp, Pendapatan Indosat Ooredoo Hutchison Meningkat Lima Kali Lipat

Setelah fitur-fitur baru itu diluncurkan bersama dengan pembaruan awal bulan, kini Meta kembali memberikan pengumuman melalui laman resminya pada 9 Agustus 2022 bahwa ada fitur baru untuk WhatsApp yang akan mulai diluncurkan ke semua pengguna bulan ini.

WhatsApp mencoba memperkenalkan fitur privasi baru yang memberikan perlindungan berlapis dan memberikan kontrol lebih besar kepada pengguna terhadap pesan pribadi mereka.

Sebelumnya, terkait dengan fitur privasi, WhatsApp telah melindungi panggilan dan pesan pribadi meggunakan enkripsi end-to-end default, dengan upgrade fitur seperti menghilangnya pesan yang merusak dirinya sendiri, cadang terenkripsi end-to-end untuk menyimpan riwayat obrolan, serta verifikasi dua langkah sebagai keamanan tambahan dan kemampuan untuk memblokir dan melaporkan obrolan yang tidak diinginkan.

Guna mendukung berbagai fitur privasi yang sudah ada untuk mendukung percakapan pengguna supaya lebih nyaman, WhatsApp berencana meluncurkan fitur antara lain, yang pertama adalah fitur Tinggalkan Grup secara Diam-diam. Fitur ini dapat membantu pengguna untuk keluar dari sebuah grup tanpa menjadikannya sebagai masalah yang besar bagi semua orang. Alih-alih notifikasi memberitahukan pengguna keluar dari grup kepada seluruh anggota grup, melalui fitur ini, pihak yang akan tahu manakala pengguna meninggalkan grup hanya admin grup saja.

Yang kedua, fitur Pilih Siapa yang Dapat Melihat Saat Anda Online. Untuk merahasiakan kehadiran pengguna yang sedang online, WhatsApp akan memberikan fitur kepada pengguna untuk memilih siapa saja yang dapat dan tidak dapat melihat dirinya saat sedang online.

Yang terakhir, Pemblokiran Screenshot untuk fitur Pesan View Once. Belakangan ini, fitur mengirimkan media atau foto menggunakan view once menjadi populer karena pengguna dapat mengirimkan media atau foto yang membuatnya tidak memiliki riwayat permanan digital. Namun, ada saja yang mencoba mengabadikan secara permanen dari pesan media atau foto yang dikirimkan secara view once, oleh karena itu WhatsApp akan melakukan pembaruan dengan mengaktifkan pemblokiran screenshot untuk pesan view once atau pesan sekali lihat sebagai perlindungan tambahan kepada pengguna.

Saat ini, fitur-fitur pembaruan ini tengah diuji dan rencananya akan segera diluncurkan kepada pengguna dalam bulan ini.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile